Festival PAI 2022, Merajut Optimisme di Daerah Perbatasan

Siswa SMKN 1 Tulin Onsoi
Siswa SMKN 1 Tulin Onsoi

WIDEAZONE.COM, KALTARA | Festival Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa SMA dan SMK 2022 menjadi ajang adu bakat dan kreativitas peserta didik nusantara melalui ragam kegiatan yang dikemas dalam bentuk kompetisi. Gelaran perdana even yang digawangi Subdit PAI SMA/SMALB/SMK ini menjadi bagian dari transformasi gelaran sejenis di tahun-tahun sebelumnya.

Jika dahulu guru-guru PAI mengenal even Pentas PAI, maka di tahun 2022 ini ada Festival PAI dengan nafas berbeda, semangat baru dan lompatan baru. Sebab, ajang ini memberi kesempatan luas kepada para peserta didik di seluruh nusantara.

banner 468x60

Gelaran dengan skala nasional ini bahkan tidak hanya diikuti peserta didik beragama Islam saja. Setidaknya ada 50 peserta didik beragama Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu yang ikut ambil bagian dalam even ini. Sehingga, Festival PAI tidak hanya menjadi wadah bagi peserta didik beragama Islam saja, namun juga bagi siswa pemeluk agama yang lainnya.

Tema besar yang diangkat dalam kegiatan ini adalah Moderasi Beragama. Melalui Festival PAI ini, panitia ingin menyampaikan pesan-pesan positif melalui implementasi nilai-nilai moderasi beragama kepada peserta didik dari kalangan milenial. Pesan tersebut disampaikan dengan wadah dan ragam kreativitas yang berbeda, unik dan menyenangkan. Kolaborasi Subdit PAI SMA/SMALB/SMK dengan platform pendidikan sekolah.mu menjadikan kegiatan ini semakin berwarna dan menyenangkan.