Festival PAI 2022, Merajut Optimisme di Daerah Perbatasan

Siswa SMKN 1 Tulin Onsoi
Siswa SMKN 1 Tulin Onsoi

Salah satu sekolah di daerah 3T yang juga turut ambil bagian dalam gelaran Festival PAI 2022 adalah SMK Negeri 1 Tulin Onsoi. Bagi kita yang tinggal di daerah perkotaan, mungkin nama sekolah ini terasa asing. Uniknya, hasil penelusuran penulis di laman google pada Senin (19/9/2022), SMK Negeri 1 Tulin Onsoi telah dinyatakan tutup permanen. Padahal, di sekolah ini masih ada puluhan peserta didik yang belajar bersama guru-guru hebat yang terus mendampingi mereka.

SMKN 1 Tulin Onsoi berada di kawasan daerah 3T, perbatasan dengan Negara Malaysia. Tulin Onsoi adalah nama salah satu kecamatan di kabupaten Nunukan. Jarak Nunukan ke kecamatan Tulin Onsoi dapat ditempuh sekitar 5-6 jam melalui darat, dan sekitar 3 jam melalui laut dan sungai.

banner 468x60

Selain berada di daerah 3T, sekolah ini juga tidak memiliki fasilitas memadai, seperti listrik dan jaringan internet. Beberapa Desa di Kecamatan Tulin Onsoi tidak memiliki listrik. Mereka memanfaatkan tenaga surya untuk kebutuhan penerangan sehari-hari. Jika ingin menggunakan jaringan internet, harus dibantu dengan antena penguat sinyal dan hasilnya pun tidak begitu maksimal.