banner 2560x598

banner 2560x598

Baru Baru ini, BUTPAA BRIN Luncurkan Roket RX-1220

  • Bagikan
Roket RX-1220 [Source: situs Lapan]
Roket RX-1220 [Source: situs Lapan]
banner 468x60

Cikal Bakal Roket Pengorbit Satelit 2045

WIDEAZONE.com, GARUT | Baru baru ini, Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer [BUTPAA] Garut berkolaborasi dengan Pusat Teknologi Roket melakukan Uji Terbang Roket RX-1220 [case bonded] pada Rabu [22/12] di Karang Papak, Cikelet, Garut, Jawa Barat.

Pengembangan teknologi roket terus dilakukan oleh Pusat Teknologi Roket, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa [OR PA] BRIN

Metode case bonded adalah tabung motor roket terlebih dahulu dilapis dengan liner-insulator lalu langsung dicetak propelan di dalamnya. Propelan akan merekat kuat di dalam tabung motor roket sehingga motor roket tidak bisa dipakai ulang

Roket Eksperimental [RX]-1220 merupakan salah satu seri Roket Sonda yang penelitian dan pengembangannya dilaksanakan oleh Pusat Teknologi Roket OR PA BRIN. Roket RX-1220 merupakan Roket Sonda yang nantinya akan diaplikasikan menjadi booster atau roket pendorong.

Roket RX-1220 ini diproyeksikan menjadi cikal bakal pengembangan Roket Pengorbit Satelit pada tahun 2045 mendatang.

“Jenis roket ini sudah melalui uji statis lebih dari lima kali, sehingga roket ini sudah dapat dibuat sebagai blue print dan dapat diproyeksikan untuk melaksanakan kerjasama triple helix dengan pihak industri dan dapat diproduksi dalam jumlah banyak,” terang Unggul Satrio Yudhotomo, Koordinator BUTPAA BRIN dalam keterangan persnya dikutip dari situs Lapan, Senin [27/12/2021].

Menurut Unggul, uji terbang ini melibatkan banyak tim sehingga peluncuran roket ini dapat terlaksana dengan baik. Tim yang terlibat di antaranya adalah Tim Roket Monitoring System, Tim Power Supply, Tim Manufaktur dan Launcher, dan tentunya tim penelitian dari Pusat Teknologi Roket.

“Kolaborasi tim pada uji terbang ini sebagai satu langkah kita mengembangkan teknologi roket untuk kemandirian teknologi roket di tanah air,” pungkasnya.

Manfaat roket sebagai pertahanan digunakan sebagai alat mitigasi bencana.

Hal ini dilakukan dalam bentuk mengembangkan ketersediaan roket modifikasi cuaca pada daerah rawan kebakaran dan juga penelitian atmosfer di wilayah Indonesia. 

Manfaat lainnya dari roket adalah mendukung ketersediaan sarana komunikasi melalui roket peluncur satelit yang dapat membawa satelit komunikasi. [ab/sa]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *