Populasi Ikan di Perairan Musi Terancam Langka, Fitri Tabur 2000 Benih Ikan

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda menaburkan 2000 benih ikan di perairan Musi.
Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda menaburkan 2000 benih ikan di perairan Musi.

WIDEAZONE.com, PALEMBANG | Populasi ikan sungai Musi terancam langka, bahkan jenis Ikan Gabus yang menjadi bahan baku pembuatan makanan khas Palembang sulit ditemukan nelayan akhir-akhir ini.

“Populasi ikan di sungai Musi jauh berkurang, ini berdasarkan laporan dari Nelayan,” kata Wakil Walikota Fitrianti Agustinda, Rabu 10 Mei 2023.

banner 468x60

Finda sapaan akrabnya menyebutkan di antara populasi ikan yang mulai susah didapat atau ditangkap adalah Ikan Gabus, bahkan pemenuhan kebutuhan tersebut disuplai dari luar kota Palembang.

Tak hanya ikan gabus, ujar Fitri, ikan yang biasa mendiami sungai Musi juga sudah ada larangan untuk dikonsumsi dan sulit ditemukan. “Ikan Belido, itu selain sudah sulit sekarang ditemukan, dan tidak boleh lagi dikonsumsi,” ungkapnya.

Makanya, untuk menjaga ekosistem ikan di perairan sungai Musi, Pemerintah Kota [Pemkot] Palembang melalui Wakil Walikota konsisten melakukan penaburan benih ikan.

“Saya minta ini dilakukan rutin setiap satu bulan sekali walaupun tanpa kehadiran walikota ataupun wakil walikota, agar ekosistem kita terjaga hingga bisa dinikmati anak cucu kita kelak,” tegasnya.

Nah, untuk kali ini, Wakil Walikota Palembang melakukan penaburan benih ikan jenis patin yang dilakukan start dari Dermaga Benteng Kuto Besak [BKB] hingga ke dermaga Riverside.

“Hari ini ada sebanyak 2000 benih ikan Patin yang kita sebar, dan ke depan ini akan terus dilakukan untuk menjaga ekosistem ikan di Sungai musi,” pungkasnya. [AbV/WY]