banner 120x600
banner 120x600
banner 2560x598

banner 2560x598

“Polemik Rudal Korut-Misil Korsel” PBB Gelar Pertemuan Darurat

  • Bagikan
Ilustrasi PBB-Wideazone
Ilustrasi PBB-Wideazone
banner 468x60

POLEMIK Rudal Korea Utara dan Misil Korea Selatan, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) melakukan pertemuan darurat. 

Pertemuan yang dilakukan PBB membahas uji coba rudal Balistik Korea Utara yang diikuti misil dari Korea Selatan pada Rabu [15/9].

Dilansir dari AFP, sumber diplomatik menyebut pertemuan ini ‘diminta oleh Prancis dan Estonia’ pertemuan digelar secara tertutup dan informal.

Korea Utara menembakkan rudal balistik ke arah lautan pada Rabu pagi. Rudal ini disebut mampu terbang sejauh 1500 km.

Beberapa jam setelah itu, Korea Selatan langsung melakukan uji coba peluncuran misil balistik dari kapal selam ke arah lautan.

Presiden Korea selatan Moon Jae-in mengatakan terus memantau uji coba misil tersebut.

Uji coba ini membuat negara sekitar seperti Jepang ikut was-was.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengatakan peluncuran rudal balistik ini “keterlaluan”. Dia juga mengutuk tindakan Korut tersebut karena mengancam keamanan kawasan.

Amerika Serikat juga ikut mengutuk uji coba rudal Korut tersebut. AS menyebut Korea Utara melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

“Amerika Serikat mengutuk peluncuran rudal DPRK [Republik Demokratik Rakyat Korea, nama resmi Korut]. Peluncuran ini melanggar beberapa Resolusi Dewan Keamanan PBB dan menimbulkan ancaman bagi tetangga DPRK dan anggota komunitas internasional lainnya,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, dikutip dari AFP.

Meski mengecam tindakan Korut, AS menyatakan tetap ingin untuk berdialog dengan negara tersebut.

Sumber CNN Indonesia

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *