banner 120x600
banner 120x600
banner 2560x598

banner 2560x598

BMKG: Gelombang Tinggi Hingga 4,0 Meter, Waspada!

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi
banner 468x60

WIDEAZONE.com, JAKARTA | Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika [BMKG] mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi capai empat meter akan terjadi pada 13 hingga 15 Oktober 2021.

BMKG menyebutkan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5 – 25 knot, sedangkan di wilayah bagian Selatan dominan bergerak dari Timur – Tenggara dengan kecepatan 8 – 20 knot. 

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan utara Sabang, dan perairan barat Lampung hingga Selatan Jawa Barat. 

Tinggi gelombang 1,25 – 2,5 meter berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara, Laut Jawa bagian Timur, Bali, Selat Bali – Selat Lombok – Selat Alas, Perairan Selatan Pulau Sumba, perairan Pulau Sawu hingga Kupang – Pulau Rotten.

Kemudian, laut Sawu, Selat Sumba bagian Barat, Selat Sape bagian Selatan, Samudera Hindia Selatan NTT, laut Sulawesi bagian Barat dan Samudera Pasifik Utara Halmahera hingga Papua. 

Gelombang 2,5 – 4,0 meter terjadi di Selatan Malaka bagian Utara, Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Bengkulu hingga Barat Lampung. 

Samudera Hindia Barat Sumatera, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Selatan Banten hingga Sumbawa, dan Samudera Hindia Selatan Banten hingga NTB. 

BMKG mengimbau agar memperhatikan risiko tinggi terhadap pelayaran, bagi perahu Nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. 

Kapal Tongkang baiknya dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter, Kapal Ferry kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang mencapai 2,5 meter. 

Kapal ukuran Besar seperti Kargo dan Pesiar, kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang 4,0 meter. 

Bagi masyarakat yang berlokasi dan beraktivitas di pesisir sekitar area berpeluang terjadi gelombang tinggi untuk tetap waspada. [ad/abr]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *