banner 120x600
banner 120x600
banner 2560x598

banner 2560x598

Proyeksi Ahli Bila Arah Terbit Matahari Berubah

  • Bagikan
Ilustrasi Matahari dan Bumi
Ilustrasi Matahari dan Bumi
banner 468x60

JIKA arah terbit Matahari berubah maka gurun akan menutupi Amerika Utara. Bukit pasir yang gersang akan menggantikan hamparan hutan hujan Amazon di Amerika Selatan, dan lanskap hijau yang subur akan berkembang dari Afrika tengah hingga Timur Tengah.

Hal itu terjadi menurut simulasi komputer yang dipresentasikan awal bulan ini di European Geosiences Union Assembly [EGUA] 2018 di Austria.

Dalam simulasi itu tidak hanya gurun menghilang dari beberapa benua dan muncul di benua lain, tetapi musim dingin bakal membekukan melanda Eropa barat.

Para ilmuwan juga melaporkan pada konferensi tersebut bahwa Cyanobacteria, sekelompok bakteri yang menghasilkan oksigen melalui fotosintesis, bisa berkembang biak di tempat yang belum pernah mereka miliki sebelumnya jika matahari terbit dari barat.

Selanjutnya, Atlantik MeridionalOverturning Circulation [AMOC], arus laut pengatur iklim penting di Atlantik, memudar dan muncul kembali di Samudra Pasifik utara.

Bumi diperkirakan bakal mengelilingi matahari setiap 24 jam, berputar dengan kecepatan sekitar 1.040 mph [1670 km/jam] yang diukur pada khatulistiwa. Arah rotasinya adalah prograde, atau barat ke timur, yang muncul berlawanan arah jarum jam jika dilihat dari atas Kutub Utara, dan itu umum untuk semua planet di tata surya kita kecuali Venus dan Uranus.

Saat Bumi berputar, maka dorongan dan tarikan momentumnya membentuk arus laut, yang bersama dengan aliran angin atmosfer, menghasilkan berbagai pola iklim di seluruh dunia.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *