Inilah Manfaat Mandi Malam untuk Kesehatan

Foto: ilustrasi
Foto: ilustrasi

Meredakan nyeri otot setelah berolahraga
Anda yang terbiasa melakukan olahraga malam dianjurkan untuk mandi malam menggunakan air dingin dibanding air hangat. Alasannya karena mandi menggunakan air dingin setelah berolahraga dapat meredakan nyeri otot.

Meningkatkan suasana hati
Mandi malam menggunakan air dingin bisa memperbaiki mood atau meningkatkan suasana hati. Manfaat mandi malam ini dapat diperoleh karena mandi menggunakan air dingin bisa membuat hormon dopamin meningkat. Efeknya, Anda akan merasa lebih baik ataupun bahagia

banner 468x60

Mandi malam menggunakan air dingin membawa sejumlah manfaat. Meski demikian, ada sisi negatif dari mandi malam menggunakan air dingin yang dapat terjadi, yaitu tubuh menjadi terjaga sehingga sulit untuk tidur.

Akan tetapi, efek ini bisa berbeda pada tiap orang. Oleh karena itu, pilihlah suhu air untuk mandi malam sesuai kebutuhan dan manfaat yang ingin Anda peroleh.

Bagi Anda yang punya kondisi medis tertentu, ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter terkait keamanan dari mandi malam. Ini bertujuan supaya Anda dapat merasakan manfaat mandi malam secara optimal dan tidak mengalami efek samping yang memperburuk kesehatan. (JFA)