Inilah Manfaat Mandi Malam untuk Kesehatan

Foto: ilustrasi
Foto: ilustrasi

Manfaat Mandi Malam dengan Air Hangat
Manfaat mandi malam dapat bergantung pada suhu air yang digunakan. Untuk mandi air hangat, berikut ini adalah manfaatnya:

  1. Membuat tidur lebih nyenyak
    Mandi air hangat dengan suhu 40–420 C selama 10 menit pada 1–2 jam sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak, bahkan saat cuaca panas sekalipun.

Manfaat ini dapat diperoleh karena air hangat dapat membuat otot-otot menjadi lebih rileks sehingga Anda lebih mudah untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

  1. Membuat tidur menjadi lebih cepat
    Mandi malam dengan air hangat dapat membuat Anda tidur lebih cepat. Sebuah penelitian yang dilakukan pada lansia menunjukkan bahwa mereka yang mandi air hangat sebelum tidur cenderung lebih mudah terlelap dibanding mereka yang tidak mandi menggunakan air hangat sebelum tidur.
  2. Memelihara kebersihan dan kesehatan kulit
    Mandai air hangat di malam hari dapat membuka pori-pori sehingga bisa membersihkan kotoran dan minyak yang terperangkap di kulit secara maksimal. Dengan membiasakan mandi malam sebelum tidur, kebersihan dan kesehatan kulit menjadi terjaga.
  3. Meredakan gejala pilek dan batuk
    Bagi yang sedang menderita pilek dan batuk, Anda dianjurkan untuk mandi malam menggunakan air hangat daripada air dingin. Alasannya karena panas dan uap yang keluar dari air hangat bisa membuat saluran napas menjadi terbuka.