Ini Makanan yang Mengandung Zinc Tinggi

Foto: ilustrasi
Foto: ilustrasi
  1. Daging sapi
    Pada setiap 100 gram daging sapi mentah, terkandung 6,4 miligram zinc. Sama halnya dengan tiram, kadar zinc dalam daging mentah cukup tinggi sehingga konsumsi daging sapi yang sudah dimasak bisa membantu memenuhi kebutuhan zinc harian orang dewasa.

Meski tinggi akan kandungan zinc, Anda tetap harus membatasi konsumsi daging sapi. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi daging merah dapat meningkatkan kadar kolesterol yang berkaitan dengan peningkatan risiko terjadinya penyakit jantung.

  1. Kacang-kacangan
    Untuk yang menerapkan pola makan vegan atau vegetarian, kebutuhan zinc harian dapat dipenuhi dengan mengonsumsi kacang-kacangan, seperti lentil, kacang hitam, edamame, dan buncis. Dalam 1 cangkir lentil contohnya, terkandung 2,5 miligram zinc.

Sementara kandungan zinc pada edamame, kacang hitam, dan buncis, mencapai 2,1 miligram, 2 miligram, dan 1,7 miligram. Selain memuat kandungan zinc, kacang-kacangan juga menjadi sumber makanan rendah lemak yang tinggi akan kandungan protein, vitamin, dan serat, sehingga membawa banyak manfaat untuk kesehatan.