Cegah Stunting Sejak Dini, TP PKK PALI Sebar Makanan Tambahan untuk Balita Gizi Kurang

Pada Jumat 1 September 2023, TP PKK Kabupaten PALI menyebar bantuan makanan tambahan untuk Balita gizi kurang di Kecamatan Penukal Utara. 
Pada Jumat 1 September 2023, TP PKK Kabupaten PALI menyebar bantuan makanan tambahan untuk Balita gizi kurang di Kecamatan Penukal Utara. 

WIDEAZONE.com, PALI | Peran serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (TP PKK PALI) dalam membantu program pemerintah untuk mengentaskan kasus stunting di bumi Serepat Serasan terus dilakukan.

Di bawah pimpinan Ir Hj Sri Kustina, istri Bupati PALI Dr Ir H Heri Amalindo MM, TP PKK Kabupaten PALI saat ini gencar memberikan bantuan berupa makanan tambahan untuk Balita kategori gizi kurang. 

banner 468x60

Pemberian bantuan makanan tambahan untuk Balita gizi kurang sebagai upaya pencegahan kasus stunting, dan pemberian bantuan itu bukan hanya dilakukan di Ibukota Kabupaten PALI saja, melainkan diseluruh kecamatan. 

Terbukti pada Jumat 1 September 2023, TP PKK Kabupaten PALI menyebar bantuan makanan tambahan untuk Balita gizi kurang di Kecamatan Penukal Utara. 

Tentu saja, dengan bantuan tersebut masyarakat bisa terbantu terutama penyediaan gizi bagi anaknya.

“Kami mewakili masyarakat Penukal Utara sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan TP.PKK Kabupaten PALI,” ungkap Fahrudin, Camat Penukal Utara. 

Diakui Camat Penukal Utara bahwa selain pemberian makanan tambahan untuk Balita gizi kurang, TP.PKK Kabupaten PALI juga memberikan bantuan untuk siswa disabilitas.

“Perhatian TP.PKK Kabupaten PALI patut mendapat apresiasi, karena ini membuktikan bahwa TP.PKK Kabupaten PALI mendukung program pemerintah dalam membangun SDM sehat, cerdas dan handal,” imbuh Fahrudin. 

Dalam kegiatan pemberian makanan tambahan bagi Balita gizi kurang dipusatkan di Gedung Serbaguna kecamatan Penukal Utara.

Paket makanan tambahan yang diberikan berupa susu dan makanan tambahan lainya kepada 13 penerima manfaat (ibu dan Balita).

Selain memberikan bantuan, TP.PKK Kabupaten PALI juga memberikan penyuluhan tentang pencegahan stunting kepada ketua TP.PKK kecamatan dan desa.

Saat penyuluhan pencegahan stunting, diisi materi oleh narasumber dari Sekretaris TP.PKK Kabupaten PALI dan tim Camat juga Kabid Kesmas dari Dinkes.

Ada 13 orang ketua TP.PKK desa yang ikuti penyuluhan pencegahan stunting serta ketua Pokja dan ibu-ibu warga dari 13 desa menjadi peserta kegiatan tersebut. 

Usai menggelar seluruh kegiatan, tim dari TP.PKK Kabupaten PALI didampingi seluruh peserta diajak ngopi bareng disaung atau kantin binaan TP.PKK Kecamatan. 

Perlu diketahui bahwa Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. 

Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya. (ADV/Zulman)