banner 160x600
banner 160x600
banner 2560x598

banner 2560x598

PPKM Diperpanjang, Pemkot Palembang Salurkan Bantuan 10 Kilogram Beras

  • Bagikan
Walikota Palembang H Harnojoyo menyerahkan bantuan 10 kg beras kepada PKM PKH di Kelurahan Bukit Lama.
Walikota Palembang H Harnojoyo menyerahkan bantuan 10 kg beras kepada PKM PKH di Kelurahan Bukit Lama.
banner 468x60

WIDEAZONE.com, PALEMBANG | Seiring pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro diperpanjang hingga 25 Juli mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menyalurkan bantuan 10 kilogram beras kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

“Yang berhak menerima bantuan ini adalah KPM sejak tahun 2020 dan terdata pada program keluarga harapan (PKH) dan program bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerina Sosial,” ungkap Merry Ary Santy selaku Kepala Seksi Jaminan Sosial, Dinas Sosial (Kasi Jamsos-Dinsos) Kota Palembang, Rabu (21/7/2021).

Dikatakan Merry, bantuan bukan ke masyarakat umum, tapi KPM yang terdata di PKH dan BST saja. Masing masing KPM menerima 10 kilogram beras. “Ada pun untuk masyarakat umum terkait  bantuan selama PPKM, Dinsos Palembang belum mendapat surat resmi,” ujarnya.

Terkait bantuan 10 kg ini merupakan pemberitahuan langsung dari Presiden ke Perum Bulog untuk menyalurkan bantuan menggunakan cadangan beras pemerintah dan sekarang mulai dilakukan. “Berdasarkan catatan Dinsos Palembang, jumlah penerima bantuan beras tahun 2021 sebanyak 48.501 KPM PKH. Dengan penyaluran mulai dilakukan sejak Minggu 18 Juli 2021 lalu di bawah tanggung jawab Perum Bulog,” jelasnya.

Karena keadaan tanggap darurat, kata Merry, penyalurannya dimulai dari Minggu untuk KPM PKH. Tiga hari kemarin untuk daerah Lorok Pakjo, dan hari ini untuk Bukit Lama.

“Pengambilan bantuan beras 10 kg, akan langsung dimonitoring oleh Dinsos dan Perum Bulog dengan pemantauan serta pengecekan dilihat langsung berdasarkan data diri,” tegasnya.

Jadi, lanjutnya, pengambilan bantuan tersebut harus bawa bukti seperti KTP atau KK dan monitoring dari pendamping selanjunya memberikan tanda penerima. “Jika nama tercatat meninggal dunia bisa dibuktikan dengan surat kematian dari ahli waris,” terangnya.

Sementara, Walikota Palembang H Harnojoyo menuturkan, terkait bantuan yang disalurkan bagi warga yang berhak bakal dipantau secara langsung oleh Dinsos setempat agar dalam penyalurannya tepat sasaran. “Untuk bantuan PKH tahap pertama dan kedua sudah dari Januari penyalurannya. Tapi pengiriman memang per triwulan diberikan sesuai instruksi Kemensos,” jelasnya.

Bantuan ini, ujar Harnojoyo, banyak dari pendidikan, kesejahteraan pendidikan. “Dan bantuan langsung non tunai,” tuturnya usai menyerahkan bantuan 10 kg beras kepada PKM  PKH di Kelurahan Bukit Lama.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *