Lahat  

PJ Bupati Lahat Ajak Perusahaan Tambang Batubara Tanam Pohon Tabebuya, Berikut Manfaatnya

Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi
Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi

WIDEAZONE.com, LAHAT | Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat bekerja sama dengan pihak pemilik IUP Perusahaan Tambang Batubara yang ada di Merapi Area untuk menanam pohon Tabebuya.

Pohon ini sebagai pelindung untuk menyerap polusi udara yang tercemar akibat dampak dari aktivitas tambang Batubara yang diangkut menggunakan Truk Batubara yang setiap hari hampir 5000 ribu angkutan Batubara melintas di jalan umum menuju stasiun terakhir kereta api.

banner 468x60

Salah satu Perwakilan dari pihak PT Golden Great Borneo [GGB], mengatakan kami sudah berkontribusi untuk membantu 200 batang pohon jenis Tabebuya dengan harga per batang Rp200.000 dan kita sudah mempersiapkan untuk menanam di sekitar mulut tambang,serta di pinggir jalan mulai dari Desa Prabumenang jalan lintas tengah Sumatera, agar bisa mengurangi polusi udara dan sebagai pelindung kanopi udara kotor tetap akan terserap hinggap menjadi sehat.

Penanaman pohon Tabebuya mirip pohon Sakura di Jepang dan banyak di tanam di kota kota besar di Jakarta, Surabaya ini sangat baik peduli lingkungan yang sehat.

“Sebagaimana disampaikan  Pj Bupati Lahat terhadap pihak perusahaan Tambang Batubara khususnya PT GGB kita siap mendukung program Pemerintah Daerah Lahat untuk Lahat hijau dan sehat. Humas PT GGB dalam keterangan persnya, Selasa 2 April 2024.

Sejumlah Perusahaan Tambang Batubara yang sudah memberikan tanaman pohon Tabebuya di antaranya, PTBAU 300 batang, PT BGG 50 batang, PT.LDP 25 batang, ⁠SERVO 135 batang⁠, PT BP 50 batang, PT MIP 50 batang, PT MAS 50 batang, PT BSR 50 batang, PT BPI 50 batang, PT BT 30 batang.

Kemudian, TM BME 30 batang, PT. IJAP 25 batang, PT BBA 50 batang, PTGGB 200 batang dan PT KAI 30 batang.

Total Jumlah nya ada 1125 batang Pohon tabebuya yang sudah siap untuk di tanam di Sejumlah titik di sepanjang jalan umum yang dilintasi angkutan Batubara.

Terpisah Humas PT.BSR Pak Topan ia mengatakan untuk menanam pohon sebagai pelindung di pinggir jalan lintas Sumatera jenis pohon tabebuya Selain sebagai penghijauan, pohon Tabebuya juga bermanfaat menjadi pelindung dari polusi karenanya tabebuya banyak ditanam di pinggir jalan kota besar mampu menangkal polusi udara ataupun menyerap udara yang tercemar.

Seperti apa yang dicanangkan oleh pihak Pemerintah Daerah Lahat melalui Dinas Lingkungan Hidup [DLH] Bekerja sama Sejumlah Perusahaan Tambang Batubara yang ada di wilayah Merapi Area, kami sangat mendukung program ini, Lahat menjadi hijau dan sehat.

Laporan Erta Lusiani-HI| Editor AbB