NOC Indonesia Bertemu Olimpiade China, Bahas Potensi Kerja Sama

Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari bertemu dengan wakil ketua COC, Zhou Jinqiang. (foto: NOC Indonesia)
Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari bertemu dengan wakil ketua COC, Zhou Jinqiang. (foto: NOC Indonesia)

WIDEAZONE.COM, HANGZHOU | Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) bertemu dengan Wakil Ketua COC Zhou Jinqiang di China House, Hangzhou, Kamis (5/10). Pertemuan tersebut NOC Indonesia dan COC membicarakan perkembangan olahraga Asia, termasuk potensi kerja sama antarkedua negara.

“Sebagaimana arahan Presiden RI Bapak Joko Widodo, kita ini harus mencari tahu guna mencari skema terbaik untuk olahraga Indonesia. NOC Indonesia memanfaatkan kesempatan seperti Asian Games guna mencari tahu, kenapa China sukses. Padahal, kulit kita sama, makanan mirip-mirip, tapi peforma jauh berbeda,” kata kata Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari.

banner 468x60

“Di samping peran swasta yang dominan dalam memberikan sponsor terhadap olahraga, ada dua hal penting yang dilakukan China. Pertama adalah sekolah. China memiliki sekolah olahraga yang menerapkan sistem boarding school, dan juga adanya Universitas Olahraga. Atlet yang menjadi juara Olimpiade langsung mendapat gelar profesor dan juara dunia mendapat gelar Associate Professor,” imbuh dia.