Karhutla Sambar Lahan Kosong di Desa Banyurip dan Bunga Karang Banyuasin

Tim Gabungan Polsek Tanjung Lagi memadamkan Karhutla di Kabupaten Banyuasin kembali terjadi di lahan kosong di Desa Banyurip dan Bunga Karang, Kecamatan Tanjung Lago, Rabu 13 September 2023.
Tim Gabungan Polsek Tanjung Lagi memadamkan Karhutla di Kabupaten Banyuasin kembali terjadi di lahan kosong di Desa Banyurip dan Bunga Karang, Kecamatan Tanjung Lago, Rabu 13 September 2023.

WIDEAZONE.com, BANYUASIN | Karhutla di Kabupaten Banyuasin kembali terjadi di lahan kosong di Desa Banyurip dan Bunga Karang, Kecamatan Tanjung Lago, Rabu 13 September 2023.

Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK melalui Kapolsek Tanjung Lago Iptu Ismail Hasan Nasution mengatakan kebakaran lahan kosong ini diketahui bermula saksi Tegar Ilhamni yang melintas di lokasi tersebut.

banner 468x60

“Awal mengetahui ini Saksi Tegar, pada pukul 13.00 WIB, sedang melintas di lahan kosong tersebut dan tiba-tiba melihat api membesar dari lahan kosong tersebut,” kata Kapolsek.

Dari keterangan saksi Tegar, lanjut Kapolsek, setelah beberapa menit api tersebut merambat masuk ke lahan milik bos Candra di mana tempat saksi Tegar bekerja di lahan kebun sawit yang berbatasan dengan lahan kosong tersebut.

“Saksi Tegar saat melihat api tersebut langsung menghubungi orang tuanya Kailani, setelah beberapa saat saksi Tegar dan Kailani melihat kebun sawit tersebut sudah terbakar akibat api yang merambat dari lahan kosong diduga milik Sadikun,” jelas dia.

“Sadikun merupakan warga Desa Mulia Sari Kecamatan Tanjung Lago. Adapun lahan yang terbakar diperkirakan seluas 5 hektare dan diperkirakan kerugian yang diderita korban belum di dapat di hitung atau pohon yang terbakar sekitar 600 batang,” terang dia.

Menurut Kapolsek, Pihak Korban Candra menjelaskan akan berkoordinasi dengan keluarga dahulu akan melaporkan atau tidak atas kejadian tersebut.

“Sekitar pukuk 19.15 WIB, api berhasil dipadamkan oleh tim gabungan Polsek Tanjung Lago, Babinsa, BPBD Tanjung Lago dan tim Damkar PT MAS,” tutup dia.[Desi]