Debat Cawapres Hasilkan Referensi bagi Swing Voters, Pengamat: Jangan Jual Kecap

Sekjen TPD Sumsel Agus Sutikno bersama Pengamat Sospol Bagindo Togar Cawapres di Sekretariat TPD Ganjar Mahfud Sumsel, Jumat (22/12/2023) malam.
Sekjen TPD Sumsel Agus Sutikno bersama Pengamat Sospol Bagindo Togar Cawapres di Sekretariat TPD Ganjar Mahfud Sumsel, Jumat (22/12/2023) malam.

WIDEAZONE.com, PALEMBANG | Tiga calon wakil presiden (cawapres) yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD beradu gagasan dalam debat menuju Pilpres 2024 berlangsung di Jakarta, Jumat 22 Desember 2023 malam.

Debat Pilpres 2024 seri kedua ini mengusung tema ekonomi kerakyatan dan digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

banner 468x60

Ketiga cawapres tersebut mulai menjawab pertanyaan-pertanyaan dari panelis dengan tenggang waktu selama 2 menit.

Melihat presentasi yang dipaparkan oleh masing-masing Cawapres itu, Sekjen TPD Sumsel Ganjar Mahfud, Agus Sutikno mengatakan, hasil debat dari tiga cawapres tersebut akan memberikan referensi bagi swing voters, dan memberikan keyakinan kepada 28 persen yang belum menentukan.

“Hal itu tergantung bagaimana kandidat menampilkan dirinya dalam debat, tidak saja kepada konten debatnya, tapi strategi dalam debat itu,” katanya saat nobar Debat Cawapres di Sekretariat TPD Ganjar Mahfud Sumsel, Jumat (22/12/2023) malam.

Agus menambahkan, untuk pemilih fanatik tidak jadi ukuran, sedangkan untuk pemilih rasional, sebelum menentukan mereka akan mencari referensi dari quick count dan debat.

“Itu dinilai semua, maka kita bisa memastikan seperti apa dampak dari debat itu, ya kembali tergantung kepada pemilih. Mudah-mudahan bisa memberikan keyakinan kepada 28 persen yang belum menentukan,” tegas Agus.

Sementara, Pengamat Sosial dan Politik Sumsel, Bagindo Togar Butar-butar melihat di awal presentasi paslon cawapres 02 mampu menyalip dan menjawab semua pertanyaan dari panelis, cawapres 01 bergeser dari tema awal, sedangkan cawapres 03 masih jeli dan luar biasa dalam narasi menjawab pertanyaan panelis dan lawan debatnya, tak seperti cawapres 01.

“Sebaiknya ketiga capres dan cawapres jangan jual kecap, ini bukan memilih rektor tapi memilih presiden. Tapi, secara keseluruhan cawapres Mahfud cukup tangkas,” tegasnya.

Bendahara TPD GAMA Sumsel, Dian Askin Hatta optimis debat cawapres malam ini bisa menaikkan suara Ganjar-Mahfud. Ke depan,TPD akan bergerak dengan seluruh kabupaten kota di Sumsel.

“Tugas kami (TPD) harus menang, caranya harus turun kelapangan,” terangnya. (red)