Karo SDM Polda Sumsel: Banyak Hikmah di Malam Lailatul Qadar

6 Keistimewaan Lailatul Qadar

Pelaksanaan salat Isya, Tarawih dan Witir bersama Karo SDM Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK MSi, Irwasda Kombes Pol Feri Handoko Soenarso SIK SH , Karolog Polda Lampung Kombes Pol Drs Supriadi MM, AKBP Takdir SH MH, AKBP Erwin SE, serta Para Jamaah di lingkungan masyarakat di masjid Al Aman Komplek Pakri Palembang.
Pelaksanaan salat Isya, Tarawih dan Witir bersama Karo SDM Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK MSi, Irwasda Kombes Pol Feri Handoko Soenarso SIK SH , Karolog Polda Lampung Kombes Pol Drs Supriadi MM, AKBP Takdir SH MH, AKBP Erwin SE, serta Para Jamaah di lingkungan masyarakat di masjid Al Aman Komplek Pakri Palembang.

WIDEAZONE.com, PALEMBANG| Ada banyak hikmah mengenai datangnya malam Lailatul Qadar bagi umat Muslim. Sebagaimana diketahui, Lailatul Qadar adalah malam turunnya ayat-ayat pertama Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.

“Oleh karena itu, malam ini yang jatuh pada hari ke 20 di bulan Ramadan tersebut sangat istimewa. Sehingga, malam kedua puluh satu hingga akhir Ramadhan tahun ini Kita dapat terus meningkatkan Amaliah Ramadan dan malam Lailatul Qadar dikatakan lebih baik dari seribu bulan dapat kita maknai dengan terus meningkatkan beribadah qiyamullail serta membaca Alquran dan Amal Sholeh lainnya, sebab belum ada jaminan kita bertemu Ramadan di tahun yang akan datang,” ucap Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK MSi usai melaksanakan salat Tarawih dan Witir di masjid Al-Aman Komplek Pakri Palembang, Sabtu 30 Maret 2024, malam.

banner 468x60

Dari pantauan awak media, turut hadir pada kegiatan kegiatan tersebut, di antaranya Irwasda Kombes Pol Feri Handoko Soenarso SIK SH , Karolog Polda Lampung Kombes Pol Drs Supriadi MM, AKBP Takdir SH MH, AKBP Erwin SE, serta Para Jamaah di lingkungan masyarakat Komplek Pakri Palembang.

Bertindak sebagai imam salat tarawih dan witir sekaligus ceramah yaitu ustadz Dedi Dores SSos.

Dalam ceramahnya ustad Dedi Dores menyebutkan berdasarkan beberapa hadits Rasulullah, Lailatul Qadar akan jatuh pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan ujarnya

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

Artinya, Carilah Lailatul Qadar dalam malam ganjil dari sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan. (HR Bukhari & Muslim, dari Aisyah).

Lanjut ustad Dedi Dores, dalam Hadist yang diriwayatkan Abu Hurairah mengatakan bahwasanya Nabi Muhammad SAW pernah menerangkan mengenai salah satu keistimewaan dan hikmah di malam Lailatul Qadar. Nabi bersabda, “Barangsiapa yang bangun di malam lailatul qadar dengan iman dan harapan, maka Allah akan mengampuni dosanya yang telah lampau.” (HR Bukhari Muslim), ungkapnya.

Dedi menyebut di antara hikmah malam Lailatul Qadar, pertama menjadi malam turunnya Al-Quran seperti
disinggung di awal, Lailatul Qadar menjadi momentum diturunkannya ayat-ayat pertama Al Quran kepada Nabi Muhammad. Hal itu termaktub dalam firman Allah di surat Al Qadr ayat 1-3:
Allah SWT berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ
Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan”

وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ

Artinya:  “Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?”katanya

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Artinya: . “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” jelasnya

Kedua, lebih baik dari 1000 bulan, malam Lailatul Qadar menjadi satu-satunya malam yang secara khusus dijelaskan dalam satu keseluruhan surat di Al-Quran, yakni surat Al-Qadr pada ayat ke 4-5, disebutkan bahwa Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan.

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan,” [QS Al-Qadr ayat 4-5].

Kemudian ketiga, dikabulkannya doa-doa. Syekh Ahmad Thayyib juga mengatakan bahwa segala doa yang tidak diterima di waktu-waktu terdahulu akan diterima di malam Lailatul Qadar. Karenanya, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, seperti shalat, istighfar, membaca Al Quran, dan mengharap rahmat Allah.
Rasulullah telah bersabda:

«مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ»

Artinya: Barangsiapa yang melakukan qiyam (shalat sunnah) di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dan ridha Allah, maka diampuni baginya semua dosanya yang terdahulu [Aisyah RA] meriwayatkan:

“Ketika memasuki sepuluh malam terakhir [Ramadhan], Rasulullah SAW tetap terjaga di malam hari [untuk sholat dan beribadah], membangunkan keluarganya, dan mempersiapkan diri untuk beribadah [dengan lebih semangat].” [HR. Muslim]

Keempat. para Malaikat turun ke bumi.
Keistimewaan lainnya pada malam Lailatul Qadar adalah turunnya para malaikat ke Bumi. Hal tersebut dijelaskan dalam surat Al Qadar ayat 4, berikut bunyinya:

تَنَزَّلُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَٱلرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ

Artinya: “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan,” ungkapnya

Kelima, diampuni dosa-dosa terdahulu. Lailatul Qadar sering disebut sebagai malam pengampunan. Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa orang yang beribadah menyambut datangnya malam Lailatul Qadar akan diampuni dosanya yang terdahulu jelasnya

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang pada malam lailatul qadar mengerjakan ibadah dan berdoa dengan penuh keimanan yang dipersembahkan semata-mata untuk Allah, akan diampuni dari segala dosanya yang terdahulu dan yang akan datang,” [HR Ahmad dan Thabrani].

Terakhir, Malam yang penuh berkah.
Allah SWT telah menurunkan malam yang diberkahi dan akan menghapus segala dosa terdahulu umat muslim yang beribadah pada malam tersebut. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran Surat Ad Dukhan ayat 3 yang berbunyi sebagai berikut.

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” [QS. Ad Dukhan: 3], tandasnya. [AbV/red]