Ini Ciri Paru-Paru Bermasalah yang Perlu Diwaspadai

Foto: ilustrasi
Foto: ilustrasi

Ciri-Ciri Paru-Paru Bermasalah
Masalah paru-paru bisa dipicu oleh beragam hal, mulai dari paparan asap rokok atau bahan kimia berbahaya, seperti asbes, infeksi kuman, tumor, hingga kanker. Ciri-ciri paru-paru bermasalah sebenarnya tergantung pada penyakit yang mendasarinya, tetapi ada beberapa gejala yang umum, yaitu:

  1. Sesak napas
    Sesak napas merupakan kondisi saat seseorang merasa sulit bernapas yang ditandai dengan frekuensi napas lebih dari 25 kali per menit pada orang dewasa.

Kondisi ini bisa terjadi saat ada penyempitan atau sumbatan pada saluran napas sehingga aliran udara dari dan ke paru-paru terganggu. Akibatnya, oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh jadi berkurang. Pada kondisi ini, salah satu respons tubuh adalah dengan meningkatkan frekuensi bernapas dengan harapan lebih banyak udara yang akan masuk.

banner 468x60

Sesak napas menjadi ciri-ciri paru-paru bermasalah yang paling sering membuat seseorang tidak nyaman dan menjadi alasan untuk memeriksakan diri ke dokter atau ke IGD. Beberapa penyakit paru yang sering menyebabkan sesak napas adalah asma, penyakit paru obstruktif (PPOK), pneumonia, hingga fibrosis.