banner 2560x598

banner 2560x598

5 Hal Bahayakan Tubuh Jika Kurang Minum

  • Bagikan
Air Minum
Air Minum
banner 468x60

Kurang minum air bisa membahayakan tubuh, jika kebutuhan air setiap hari tidak terpenuhi.

Terdapat beberapa hal yang terjadi pada tubuh saat kurang air.

Air berfungsi untuk menjalankan sel-sel dan organ di tubuh. Air juga membantu menjaga otak manusia agar tetap berfungsi normal.

Namun, masih banyak yang kurang minum setiap hari. Sebagian bahkan meminum sumber yang menyebabkan dehidrasi, seperti minuman beralkohol.

Berikut beberapa hal yang bisa terjadi saat tubuh kurang air:

1. Otak berkabut

Otak terdiri dari sekitar 80 persen air. Oleh karena itu, penting menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hal ini juga berguna agar otak tetap tajam, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Tidak minum cukup air berdampak pada fungsi kognitif. Saat mengalami dehidrasi, reaksi seseorang menjadi lebih lambat, merasa lebih berkabut dari biasanya, dan dapat memengaruhi konsentrasi.

2. Berat badan bertambah

Saat Anda tidak minum cukup air, tubuh tidak dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan. Kondisi ini akan membuat Anda menginginkan camilan manis. Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab utama kenaikan berat badan.

“Ide yang baik adalah untuk minum segelas air sebelum makan, ini akan memberi Anda rasa yang lebih baik dari isyarat lapar dan nafsu makan, yang berarti Anda dapat mengkonsumsi lebih sedikit kalori.” kata Direktur Medis di Slimming Clinic, Charlotte Norton, dikutip dari New York Post.

3. Sakit kepala

Banyak orang mengalami dehidrasi berakhir dengan sakit kepala. Hal ini terjadi karena ada ketidakseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Dehidrasi juga bisa menyebabkan seseorang menjadi mudah tersinggung. Hal ini terjadi karena hilangnya aliran darah ke otak.

“Anda harus selalu membawa segelas air sepanjang hari, dan mencoba untuk menghindari terlalu banyak minum soda, minuman panas, atau alkohol,” kata Norton.

4. Kehilangan energi

Air membantu menjaga keseimbangan pikiran dan tubuh. Kekurangan air dapat menyebabkan energi menurun. Tubuh membutuhkan air untuk bertahan hidup.

Jika sel-sel tidak cukup terhidrasi, tubuh tidak dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk terus beraktivitas, sehingga menyebabkan rasa lelah.

5. Masalah kulit

Melewatkan atau mengurangi asupan air dapat menyebabkan kulit kering. Air sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Jika Anda mengalami dehidrasi, kulit bisa menjadi kering, gatal, dan tampak kusam. Kulit juga bisa tampak tidak rata dan garis-garis halus hingga kerutan menjadi lebih terlihat.

Itulah 5 hal yang bisa terjadi pada tubuh saat kurang air. Setiap orang dewasa direkomendasikan minum air putih 8 gelas atau 2 liter setiap hari untuk memenuhi cairan dalam tubuh. [mr]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *