banner 2560x598

banner 2560x598

Tak Kantongi Izin Edar, 659 Karung Pupuk Dolomite Disita

  • Bagikan
Tak Kantongi Izin Edar, 659 Karung Pupuk Dolomite Disita
Tak Kantongi Izin Edar, 659 Karung Pupuk Dolomite Disita
banner 468x60

WIDEAZONE.com, PALEMBANG | Mobil jenis truk tronton dengan nomor polisi BK 8872 EM yang mengangkut pupuk dolomite merek ADS diamankan petugas.

Hal tersebut dipicu lantaran sebanyak 659 pupuk yang dikemas dalam karung ukuran 50 kilogram terindikasi tak mengantongi izin edar dan tidak terdaftar di Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Atas temuan tersebut, anggota unit 4 subdit 1 Ditreskrimsus Polda Sumsel langsung bergerak cepat mengamankan armada pengangkut pupuk yang diduga tak memiliki izin edar.

“Terungkapnya hal ini berkat informasi dari masyarakat, sehingga anggota kita bergerak cepat. Selain mengamankan barang bukti anggota kita turut mengamankan pelaku Steven Sihombing SP [33] atas kepemilikan barang ini,” ungkap Direktur Ditreskrimsus Polda Sumsel, Kombes Pols Barly Ramadhany melalui Wakil Direktur [Wadir] Ditreskrimsus AKBP Fery Harahap didampingi Kasubbid Penmas AKBP Iralinsah SH, saat jumpa pers, Kamis [21/10].

Pengungkapan kasus, ujar AKBP Fery dan penangkapan pelaku terjadi pada 28 September 2021 sekitar pukul 12.30 WIB di Jalan Sabar Jaya, Simpang Inpres Kampung II, Kecamatan Banyuasin.

“Kasus ini akan kita kembangkan agar bisa mencegah beredarnya [Pupuk] di masyarakat, sehingga masyarakat akan aman dari peredaran barang yang tidak terdaftar seperti ini,” tegasnya.

Atas ulahnya pelaku melanggar pasal 122 Jo pasal 73 Undang-undang RI nomor 22 tahun 2019 tentang sistem budi daya pertanian berkelanjutan dan pasal 62 ayat (1) Jo pasal 8 ayat (1) huruf a undang-undang RI nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman penjara paling lama enam tahun.

Editor Abror vandozer

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *