PJ Gubernur Agus Fatoni Optimis Pemilu dan Pilkada 2024 di Sumsel Berjalan Sukses

Deklarasi Damai Pemilihan Umum Tahun 2024 di Sumsel, Jumat 8 Desember 2023
Deklarasi Damai Pemilihan Umum Tahun 2024 di Sumsel, Jumat 8 Desember 2023

WIDEAZONE.com, PALEMBANG| Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni optimis penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 dapat berjalan dengan aman, nyaman, damai dan sukses.

Oleh karena itu, dia kembali mengingatkan pentingnya komitmen seluruh pihak dalam menciptakan pemilu damai di wilayah Sumsel.

banner 468x60

“Melalui kegiatan ‘Deklarasi Damai Pemilihan Umum Tahun 2024’ pagi ini, merupakan wujud, tekad dan juga cita-cita kita bersama agar pemilu 2024 dilaksanakan dengan aman, nyaman, damai dan sukses,” ucap Fatoni mengawali arahannya pada kegiatan ‘Deklarasi Damai Pemilu 2024’ di Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan, Jumat 8 Desember 2023.

Fatoni mengaku bersyukur hingga saat ini wilayah Sumatera Selatan tetap kondusif, aman dan damai juga masyarakatnya penuh kehangatan. Oleh karena itu, dia berharap nantinya agar seluruh masyarakat dapat berkontribusi mewujudkan Pemilu Damai.

“Pemilu Damai merupakan harapan kita, semua itu dapat terwujud kalau kita memiliki persepsi yang sama. Dengan menjauhi praktik atau kegiatan yang menjurus menghasut fitnah serta tindakan ujaran kebencian,” kata Fatoni.

Fatoni optimis bahwa Sumsel dapat mewujudkan Pemilu Damai tersebut. Dia mengajak jajaran TNI, Polri, ASN dan seluruh masyarakat Sumsel untuk menahan diri dalam bermedia sosial sehingga tidak akan termakan hoax, ujaran kebencian dan provokasi.

“Khusus ASN tetap punya hak untuk memilih, tetapi tidak boleh terlibat politik praktis,” tegasnya.

Komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel mewujudkan Pemilu Damai juga ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) secara serentak pada tanggal 9 November 2023 lalu. Bahkan Provinsi Sumsel menjadi yang pertama se-Indonesia.

“Saya yakin dengan kekompakan dan tekad kuat, harapan masyarakat dapat diwujudkan bersama. Semoga Allah SWT Tuhan Maha Kuasa meridhoi mewujudkan pemilu damai di Sumsel,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil mewakili Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumsel menyambut baik dan apresiasi atas terselenggaranya Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2024.

Menurutnya, dengan adanya deklrasi Pemilu Damai yang diikuti oleh perwakilan Partai Politik peserta pemilu, tim pemenangan pasangan Calon Presiden/Wapres bertujuan untuk menjaga stabilitas keamanan selama menjelang, pelaksanaan dan pasca digelarnya pemilu

“Kegiatan ini menunjukan kebesaran jiwa dan keinginan untuk mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dari kepentingan pribadi dan golongan. Sehingga akan dapat terlaksana pemilu yang aman, lancar dan integritas,” ucap Yanuar.

“Suasana damai, keharmonisan harus kita pelihara dan jaga terus demi Sumsel yang aman dan damai,” sambungnya.

Sebagai informasi, Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2024 di Sumsel ditandai dengan Pembacaan Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2024 oleh Ketua Tim Pelaksana Kampanye pasangan Calon Presiden/Wakil Presiden Nomor Urut 1, 2 dan 3 serta para Ketua DPD/DPW Parpol yang disaksikan oleh Pj Gubernur dan  Forkopimda.

Kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Deklarasi Damai Pemilu tahun 2024 dimulai Perwakilan Parpol, Forkopimda dan diakhiri oleh Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni. [red]