Patung Bung Karno Tembem, Kepala Dinas PUTR Banyuasin Minta Pekerja Diganti

Pembangunan patung Bung Karno di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel). Foto Nefryu
Pembangunan patung Bung Karno di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel). Foto Nefryu

WIDEAZONE.com, BANYUASIN | Pembangunan patung Bung Karno di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel) sempat bikin heboh, karena bentuknya yang jauh berbeda dari sosok asli Soekarno.

Bentuk wajah Bung Karno terlihat lebih tembem dan badannya juga gempal, yang akhirnya banjir kritikan pedas dari warganet.

banner 468x60

Patung Soekarno dibuat di kawasan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin, tepatnya di depan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banyuasin, Jalan Lingkar Banyuasin Sumsel.

Usai viral di medsos, para pekerja langsung menutup wajah patung Soekarno dengan terpal. Sehingga orang-orang yang melintas di sekitar tidak bisa melihat bentuk patung secara keseluruhan.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) Banyuasin Ardi Arpani, biaya pembangunan patung Bung Karno sekitar Rp500 jutaan digelontorkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Banyuasin.

Pembangunan patung Bung Karno baru masuk tahapan 40 persen, sehingga dia belum bisa menentukan apakah pembuatan patung Bung Karno itu gagal atau tidaknya.

“Kita sudah menginstruksikan (ke pemenang tender) agar segera diperbaiki. (Kontraknya) sampai Desember 2023 nanti,” ucapnya, Sabtu (23/9/2023).

Jika tidak mirip ketika sudah rampung nanti, patung Bung Karno tidak akan dibongkar. Namun hanya pekerjanya saja yang diganti.

Pembangunan patung Soekarno tersebut dibangun untuk persiapan pembangunan Komplek Bung Karno Sport City di Jalan Lingkar Banyuasin Sumsel.

Di sana, ada lahan luas yang akan dibangun beberapa venue olahraga, seperti gedung olahraga, lapangan sepakbola dan lainnya. [Nefryu]