banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Pemkot Palembang Teken MoU dengan Gojek

  • Bagikan
Penandatangan nota kesepahaman antara Walikota Palembang Harnojoyo dengan pihak PT Aplikasi Anak Bangsa Gojek yang diwakilkan oleh Regional PPGR South of Sumatera Kenn Lazuardhi Syarnubi Rabu (29/7/2020) di rumah Dinas Walikota Palembang jalan Tasik.
Penandatangan nota kesepahaman antara Walikota Palembang Harnojoyo dengan pihak PT Aplikasi Anak Bangsa Gojek yang diwakilkan oleh Regional PPGR South of Sumatera Kenn Lazuardhi Syarnubi Rabu (29/7/2020) di rumah Dinas Walikota Palembang jalan Tasik.
banner 468x60

WIDEAZONE.COM, PALEMBANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) manggandeng Gojek untuk menjamin kemudahan pengiriman dan pengambilan berkas penting hingga revitaliasi fasilitas umum.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara Walikota Palembang Harnojoyo dengan pihak PT Aplikasi Anak Bangsa Gojek yang diwakilkan oleh Regional PPGR South of Sumatera Kenn Lazuardhi Syarnubi Rabu (29/7/2020) di rumah Dinas Walikota Palembang jalan Tasik.

Walikota Harnojoyo mengatakan, ada lima item yang akan dikerjasamakan dengan pihak Gojek, mulai dari revitalisasi Halte Bus Rapid Transit (BRT) Transmusi, pemeliharaan Skate Park di bawah jembatan Ampera, pengantaran dokumentasi dan perizinan,pembinaan Usaha Keci Mikro Menengah (UMKM) pembayaran pakai Go Pay, menunjang promosi wisata dan pembangunan sistem informasi pelayanan tenaga kerja dikembangkan Disnaker Palembang.

“Jadi ada beberapa dinas yang melakukan kerja sama ini, yakni Dinas Penaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perhubungan, Disnaker, Perindustrian, Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD), Dinas Perindustrian dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palembang,” kata Harnojoyo.

Dengan dilakukan kerja sama ini, kata orang nomor satu di Kota Palembang akan lebih memudahkan masyarakat, baik dalam kepengurusan dokumen perizinan, pengantaran dan pengambilan berkas kartu pencari kerja (Ak-1) dan peningkatan fasilitas umum untuk menambah kenyaman warganya.

“Ini juga sebagai rangsangan dan contoh pihak swasta lainnya dan OPD dalam memberikan peningkatan pelayanan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Palembang Yanurpan Yany mengatakan, kerjasama yang dilakukan pihak Disnaker dengan Gojek ini merupakan bagian dari pembangunan sistem informasi dan layanan ketenagakerjaan.

“Intinya kita memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat Palembang, seperti pembuatan Kartu AK 1, nah ini bisa dibuat dan dicetak sendiri di rumah,” katanya.

Keuntungan yang kedua, Job Fair yang selama ini digelar satu tahun sekali dan memerlukan biaya yang cukup besar, dengan sistem ini perusahaan perusahan setiap saat bisa merekrut pegawai dengan memanfaatkan sistem ini, dan Disnaker yang akan menghubungi pencari kerjanya (pencaker)ini, tentunya pencaker yang sudah terdaftar.

“Gojek ini perannyo untuk menghantarkan berkas atau dokumen yang dipersyaratkan dalam pengurusan, karena bisa saja ada beberapa persyaratan yang banyak dan berukuran tebal berupa dokumen terjilid atau pun persyaratan mengharuskan Asli yang tidak bisa dikirim secara online sebagai verifikasi, nah di sinilah fungsi Gojek,” pintanya.

Sementara itu juga, Kenn Lazuardhi Syarnubi mengatakan, ada beberapa item kerja sama yang telah dilakukan kerjasama tersebut langsunh bisa direalisasikan.

“Perbaikan halte, pemeliharan skate park dan pengantaran dokumen sudah bisa dilakukan,” jelasnya.

Nah, untuk menunjang sektor pendapatan UMKM Gojek memiliki strategi khusus untuk pembinaan untuk pengembangan usaha. “Kita akan memberikan pelatihan dan pembinaan cara penjualan secara online,” tuturnya.

Laporan Aldy

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *