Bupati Enos Launching Dua Layanan dalam Satu Mall: Tidak Boleh Pungli

Bupati OKU Timur Ir H Lanosin bersama Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha SH melaunching Pengoperasian Mall Pelayanan Publik sekaligus Pelayanan Anjungan Disdukcapil Mandiri [ADM], berlangsung di Desa Gumawang, Kecamatan Belitang, Senin 31 Juli 2023.
Bupati OKU Timur Ir H Lanosin bersama Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha SH melaunching Pengoperasian Mall Pelayanan Publik sekaligus Pelayanan Anjungan Disdukcapil Mandiri [ADM], berlangsung di Desa Gumawang, Kecamatan Belitang, Senin 31 Juli 2023.

WIDEAZONE.com, OKU TIMUR | Bupati OKU Timur Ir H Lanosin bersama Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha SH melaunching Pengoperasian Mall Pelayanan Publik sekaligus Pelayanan Anjungan Disdukcapil Mandiri [ADM], berlangsung di Desa Gumawang, Kecamatan Belitang, Senin 31 Juli 2023.

Bupati H Lanosin mengatakan Mall Pelayanan Publik ini tentunya menjadi suatu bentuk pelayanan masyarakat yang berada di tengah pemukiman penduduk, dan tentunya mudah terjangkau oleh masyarakat yang ingin mengurus administrasi dan sebagainya. “Mall ini mendekatkan yang jauh dan memudahkan yang sulit,” ungkapnya dalam peresmian tersebut Senin 31 Juli 2023.

banner 468x60

Bupati Enos menegaskan bahwa sejatinya seorang pegawai adalah pelayan masyarakat yang dengan sepenuh hati melayani keperluan masyarakat. Ia mengingatkan tidak boleh adanya pungutan liar [pungli] dalam proses pelayanan ini, sebab menurutnya rezeki yang berkah bukanlah dari hasil pungli, namun sesuai dengan kinerja dan aturan.

Hadirnya Mall Pelayanan Publik ini, jelas Enos, bentuk perhatian pemerintah dengan cara jemput bola. Dìharapkan, masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini dengan baik. Sehingga tak perlu repot lagi ke Martapura saat mengurus berbagai administrasi.

Sementara, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu [Kadis PM-PTSP] OKU Timur Sonpiyani mengatakan, untuk peresmian gedung Mall Pelayanan Terpadu ini sudah diresmikan bapak Gubernur Herman Deru pada Februari lalu, namun pengoperasian baru dilaunching hari ini oleh bapak Bupati Ir H Lanosin

Menurut Sonpiyani, Mall Pelayanan Publik tersebut memiliki tujuh pelayanan kepada masyarakat, di antaranya Pelayanan yang dilakukan oleh DPM-PTSP sendiri, Kemudian Pelayanan dari BPPRD, Samsat, Disdukcapil, Kantor Pajak Pratama, Bank Sumsel Babel, dan BPJS.

Peresmian Pengoperasian Mall Pelayanan Publik ditandai dengan Pemukulan Gong, Acara dilanjutkan dengan peninjauan gerai-gerai pelayanan yang ada di MPP Gumawang oleh Bupati OKU Timur dan rombongan, serta uji coba mesin cetak KK dan KIA atau Anjungan Disdukcapil Mandiri [ADM] dari Disdukcapil OKU Timur.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK OKU Timur dr Sheila Noberta SpA MKes, Ketua ICSB OKU Timur Hj Meilinda SSos MM, Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Martapura Syafwat Saka Al-Amini, Kepala DPM-PTSP Sonpiyani, Kepala Disdukcapil H Mursal, Kapolres OKU Timur melalui Kasat Lantas, Kepala OPD dan Camat di Lingkungan Pemkab OKU Timur.

Laporan Rizal Arisandi | Editor AbV