banner 120x600
banner 120x600
banner 2560x598

banner 2560x598

Biddokkes Polda Sumsel Cek Kondisi Kesehatan Personel

  • Bagikan
Biddokkes Polda Sumsel Cek Kondisi Kesehatan Personel
Biddokkes Polda Sumsel Cek Kondisi Kesehatan Personel
banner 468x60

WIDEAZONE.com, PALEMBANG | Biddokes Polda Sumsel memastikan kondisi kesehatan personel.

Merujuk pada pepatah “mens sana in corpore sano”, Biddokes bersama tenaga kesehatan [Nakes] Rumah Sakit Bhayangkara M Hasan melakukan pemeriksaan kesehatan dan kebugaran [Rikkes] secara berkala di gedung Golden Sriwijaya Building, Palembang, Rabu [13/10].

Menurut Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi MM melalui Kasubbid Penmas AKBP Iralinsah SH Kegiatan tersebut berlangsung di dua tempat Bagi Personel yang sakit menahun atau di atas usia 50 tahun Rikkses berkalanya di RS Bhayangkara M Hasan Palembang.

“Sedangkan Personel di bawah 50 Tahun Rikkes berkalanya bertempat di Gedung Golden Sriwijaya Building Palembang dilakukan pemeriksaan kepada personel untuk dicek kesehatannya oleh tim Bidang Dokkes Polda Sumsel,” ungakp Iral.

Pada kesempatan tersebut, Kabiddokkes Polda Sumsel Kombes Pol dr Samsul Bahar MKes melalui Kaur Kesmapta Subbidkespol Biddokes Polda Sumsel AKP dr Nopriansah menuturkan perhatian dan kepedulian Polri terhadap anggotanya terbilang sangat baik.

“Dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan secara rutin minimal setahun sekali secara bergantian,” ucapnya.

Medical check up, jelas dr Nopriansah diperlukan untuk mengetahui kesehatan personel. Jika diketahui ada yang memiliki penyakit atau gangguan kesehatan maka akan diberikan rujukan ke rumah sakit Polri [RS Bhayangkara] untuk ditindak lanjuti.

“Semuanya gratis tidak dipungut biaya,” ungkap Anggota Polri Alumni Fakultas Kedokteran Unsri Palembang.

Dokter Nopriansah mengatakan bahwa hasil pemeriksaan ini sekaligus sebagai upaya pencegahan karena nanti akan muncul hasil diagnosa laboratorium secara lengkap juga ada rekomendasi apa yang harus dilakukan kepada yang bersangkutan.

Dia menambahkan Rikkes berkala ini merupakan deteksi dini. Kalo di instansi lain itu mereka sebut medical check up. Idealnya tiap enam bulan.

Namun di Polri terbatas pada anggaran hanya bisa dilaksanakan satu kali dalam setahun, itu pun cakupannya hanya Prioritas karena cuma sekitar 30% dari total jumlah personil Polda Sumsel
yang sakit menahun, akan mengikuti dikbang dan personel di atas usia 50 tahun,” ujarnya.

Bahkan untuk tahun ini kuota malah lebih sedikit dibanding sebelum sebelumnya karena ada refocusing COVID.

Kuota masing masing satker polda hanya lima orang saja, selebihnya hanya pemeriksaan fisik luar saja tanpa pemeriksaan penunjang untum memenuhi 13 komponen

“Peserta Rikkes dibagi menjadi 3 klasifikasi tapi kami utamakan yang hendak mengikuti test Pendidikan Sekolah Inpsektur Polisi [SIP], persiapan pendidikan pengembangan [Dikbang] pers, serta anggota Polres dan Polsek jajaran yang akan diusulkan kenaikan pangkat [KNP],” tuturnya.

Sedangkan pemeriksaan kesehatan itu sendiri meliputi pengambilan darah, rontgen, gigi, urine, EKG, Treadmill, pemeriksaan fisik, tensi, visus mata, MMPI, jantung hingga kesehatan jiwa.

Hasil dari pemeriksaan tersebut dapat diketahui paling cepat seminggu setelah dilakukan pemeriksaan,tukas Akp dr Nopriansah mantan Nakes Polda Sumbar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *