Sumsel  

45 Lembaga Tingkat Kota Palembang Masuk Nominasi Balai Bahasa Sumsel, Berikut Pemenang 3 Kategori

Penganugerahan penghargaan bagi beberapa lembaga yang masuk nominasi pada evaluasi penggunaan bahasa di ruang publik dan naskah dinas yang diberikan Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumsel Karyono SPd MHum bersama Asisten III Pemprov Sumsel Kurniawan AP MSi
Penganugerahan penghargaan bagi beberapa lembaga yang masuk nominasi pada evaluasi penggunaan bahasa di ruang publik dan naskah dinas yang diberikan Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumsel Karyono SPd MHum bersama Asisten III Pemprov Sumsel Kurniawan AP MSi

WIDEAZONE.com, PALEMBANG | Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan [BPSS] melakukan program evaluasi dan penganugerahan penggunaan bahasa di ruang publik dan naskah bagi 45 lembaga yang meliputi Pemprov Sumsel, Pemkot Palembang hingga pihak Swasta.

Pada evaluasi tersebut terdapat tiga kategori yang diterapkan Balai Bahasa Sumsel terdiri  dari kategori pemerintah, satuan pendidikan dan kategori swasta, berlangsung di Ballroom Hotel Swarna Dwipa Palembang, Selasa 28 November 2023.

banner 468x60

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumsel, Karyono SPd MHum mengatakan gelaran evaluasi dan penganugerahan bahasa Negara di ruang publik dan naskah dinas progresnya luar biasa capaiannya, ke depan pada 2024 peningkatan dapat mencapai 85 persen.

Peningkatan tersebut, kata Karyono dari tahun 2021 ke 2022 meningkat 80 persen dari titik nol katakanlah 40 persen.

Dijelaskan Karyono, penilaian pada setiap kategori berdasarkan petunjuk dari Pusat [Kementerian], Badan Baca, dengan berpedoman Juknis dan Juklak. “Jadi apa yang dinilai pada setiap kategori bukan asal comot saja, bisa diukur tingkat kevalidannya itu,” ujarnya usai memberikan penghargaan bagi instansi yang masuk nominasi bersama Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Provinsi Sumsel Kurniawan AP MSi.

“Berkenaan dengan unsur penilaian, tentang tulisan, ejaan khususnya, karena bahasa yang santun dengan ejaan yang benar. Untuk agenda selanjutnya juga diselenggarakan serupa, multi tahun hingga 2024,” tambahnya.

Tujuan dari kegiatan ini, sambung Karyono, untuk pemahaman bahasa Indonesia khususnya bahasa Negara di Negara sendiri. “Bahasa Indonesia merupakan jati diri Bangsa. Bila kita baik menggunakannya begitu juga dengan Negara ini, terlebih bagi kaum jurnalis. Kita juga akan menyasar ke situ [wartawan], dengan diadakannya Bimtek [Bimbingan Teknis],” sebutnya sembari mengatakan bila dilaksanakan dirinya sangat setuju sekali.

Sementara, PJ Gubernur melalui Asisten III Pemprov Sumsel Kurniawan mengapresiasi pelaksanaan gelaran evaluasi dan penganugerahan bagi setiap lembaga.

“Tentunya program pendampingan penggunaan pengutamaan bahasa negara di ruang publik dan naskah dinas sangat bermanfaat bagi lembaga baik pemerintah ataupun swasta,” ungkapnya.

Menurut Kurniawan, kita harus bisa terus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta mendukung melestarikan bahasa daerah.

45 lembaga yang masuk nominasi penilaian Balai Bahasa, yaitu Sekretariat Daerah Provinsi Sumsel, Sekretariat Daerah Kota Palembang, Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Dinas Pendidikan Kota Palembang, Disdukcapil Sumsel.

Disdukcapil Palembang, Dinkes Sumsel, Dinas Kesehatan Palembang, Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel, Dinas Pemuda dan Olahraga Palembang, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu [DPMPTSP].

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel, Dinas Kebudayaan Palembang, Dinas Pariwisata Palembang, Dinas Sosial Palembang, SMA Muhammadiyah 1 Palembang, SMK Negeri 2 Palembang.

SMP Negeri 2 Palembang, SMPN 17 Palembang, SMAN 19 Palembang, SMPN 3 Palembang, SMP Negeri 19 Palembang, SMA Az Zahra Palembang, MA Negeri 2 Palembang, SMA Negeri 1 Palembang, SMA Plus Negeri 17, SMA Negeri 15 Palembang.

Terbaik 1 Dinas Kesehatan [Dinkes] Palembang, di posisi kedua Dinkes Sumsel, ketiga Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu [DPMPTSP] Kota Palembang, keempat Sekretariat Daerah [Setda] Palembang, dan menduduki posisi kelima Setda Provinsi Sumsel.

Pemenang pada Kategori Satuan Pendidikan meliputi, posisi terbaik pertama SMA LPI IGM Palembang, terbaik kedua SMAN 15 Palembang, menduduki terbaik ketiga SMPN 1 Palembang, posisi keempat SMAN 19 Palembang, dan terbaik kelima SMA Az Zahra Palembang.

Untuk pemenang pada Lembaga Swasta, posisi pertama Hotel Swarna Dwipa Palembang, kedua Taman Wisata Punti Kayu, dan peringkat ketiga Hotel Arista Palembang. [AbV/HB]