Ketua MATRA Pontianak Sebut Adat Istiadat sebagai Simbol Budaya

Sri Mardiana selaku Ketua DPD Matra Kota Pontianak yang baru saja dilantik pada 21 Januari 2024 dengan masa bakti 2023-2028.
Sri Mardiana selaku Ketua DPD Matra Kota Pontianak yang baru saja dilantik pada 21 Januari 2024 dengan masa bakti 2023-2028.

WIDEAZONE.com, PONTIANAK | Serius dalam menyatukan budaya adat di pelosok negeri, Masyarakat Adat Nusantara [MATRA] mengedepankan adat istiadat sebagai simbol budaya. 

“Kita rasakan, soal adat istiadat semakin memudar imbas dari banyaknya budaya luar masuk ke wilayah Nusantara, tentunya hal ini berdampak serius,” ungkap Sri Mardiana selaku Ketua DPD Matra Kota Pontianak yang baru saja dilantik pada 21 Januari 2024 dengan masa bakti 2023-2028.

banner 468x60

Sri Mardiana memiliki pandangan positif terhadap  MATRA ke depannya, di antaranya terobosan dalam meningkatkan budaya adat istiadat di Pontianak agar menjadi lebih maju dan baik lagi.

Selanjutnya, ujar Ketua MATRA Pontianak, bagaimana kita menghargai adat istiadat, budaya? untuk itulah dirinya bersama pengurus lainnya membentuk rencana kerja hingga pembentukan DPC di setiap wilayah guna mempermudah koordinasi.

Dia menyebutkan sasaran MATRA juga generasi Z, kita dorong pemahaman mereka untuk lebih menyuarakan, lebih mengenal adat istiadat budaya Nusantara. “Ini perlu ditekankan dan diaplikasikan bagi mereka kaum muda jangan sampai mereka hanya mengenal budaya luar dan lupa akan budayanya sendiri,” ujarnya didampingi para pengurus MATRA Pontianak.

Laporan Jono | Editor Abror Vandozer