Fokus Berkelanjutan Tekan Angka Stunting di Palembang, Pj Walikota Ratu Dewa Minta Breakdown Program

Pj Walikota Palembang H Ratu Dewa membuka rapat pembentukan dan evaluasi jejaring skrining layak hamil, ANC dan stunting bersama Camat, Lurah dan pihak terkait lainnya di Hotel The Alts Palembang, Rabu 18 Oktober 2023
Pj Walikota Palembang H Ratu Dewa membuka rapat pembentukan dan evaluasi jejaring skrining layak hamil, ANC dan stunting bersama Camat, Lurah dan pihak terkait lainnya di Hotel The Alts Palembang, Rabu 18 Oktober 2023

WIDEAZONE.com, PALEMBANG | Pemerintah Kota [Pemkot] Palembang terus berupaya fokus dalam menekan angka stunting. Hal itu terus dilakukan secara berkelanjutan oleh Dinas Kesehatan Palembang menggelar rapat pembentukan dan evaluasi jejaring skrining layak hamil, ANC dan stunting bersama Camat, Lurah hingga pihak terkait lainnya.

Kegiatan tersebut bertempat di Hotel The Alts dan dibuka langsung oleh Pj Walikota Palembang, H Ratu Dewa.

banner 468x60

“Dari Agustus hingga September, Alhamdulillah stunting cukup menurun, yakni dari 504 ke 497,” kata H Ratu Dewa, Rabu 18 Oktober 2023.

Pj Walikota mengatakan program yang dilakukan tesebut juga mampu untuk di-breakdown.

“Karena memang program kegiatan ini memang ada pendekatan khusus untuk penurunan angka stunting di kota Palembang. Dan kalau ditanya tentang fokus kita sangat fokus terkait program stunting ini,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan kota Palembang, dr Fenty Aprina MKes menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut memiliki tujuan dalam mengkoordinasikan pembentukan MoU antara Dinas Kesehatan Rumah Sakit, Puskesmas, Lintas Sektor dan lain dalam bentuk upaya kepedulian penurunan stunting.

“Tujuan khususnya yakni meningkatkan peran serta lintas program dan lintas sektor dalam pemecahan masalah dan komitmen dari para pemangku kepentingan untuk menajamkan kembali permasalahan dalam penanggulangan stunting dan percepatan penurunan angka kematian ibu dan anak,” jelasnya.

Selain itu, Fenty juga menambahkan bahwa tujuan lain dilakukannya rapat kegiatan tersebut guna meningkatkan koordinasi dengan berbagai sektor yang terlibat dalam percepatan penurunan stunting AKI dan AKB.

“Dari ini kita harapkan salah satu hasilnya yakni terbentuknya jejaring skrining layak hamil dan stunting dengan mengunakan aplikasi kesehatan Si-Cantik,” harapnya.

“Peserta hari ini ada 165 orang yang terdiri dari 18 Camat di kota Palembang , 107 Lurah, Kepala atau Direktur Rumah Sakit, 42 orang Kepala Puskesmas serta Kepala OPD yang terlibat dalam penurunan stunting AKI AKB,” tambahnya.

Untuk diketahui, dalam kesempatan tersebut juga, Pj Walikota Palembang, H. Ratu Dewa sekaligus melantik Ketua Penggerak PKK kota Palembang Hj .Dewi Sastrani Dewa S.ag sebagai Duta Cegah Stunting. [AbV/WY]