banner 970x250
banner 970x250

Cegah COVID-19, Jaga Jarak dan Gunakan Masker !

  • Bagikan
Dr dr Zulkhair Ali SpPD-KGH
Dr dr Zulkhair Ali SpPD-KGH
banner 468x60

MESKI tak perlu ditakuti, namun kewaspadaan dan kehati-hatian seseorang dapat menangkal pandemi virus corona (COVID-19).

WIDEAZONE.COM, PALEMBANG — Hidup bersih dan kebiasaan mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak dalam bersosialisasi merupakan cara bijak untuk terhindar dari cengkraman COVID-19.

“Saya mengerti bahwa kehidupan masyarakat kita banyak yang berada di bawah garis kesejahteraan. Karena itu saya sarankan agar dapat membiasakan diri untuk melaksanakan protokol kesehatan,” ujar Dr dr Zulkhair Ali SpPD-KGH saat dikonfirmasi lewat telepon seluler, Rabu (15/7/2020).

Menanggapi adanya dua tenaga medis dan seorang satuan keamanan (satpam) dari Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM) Sumsel yang terjangkit COVID-19, Zulkhair Ali, mengatakan fakta ini harus menjadi pelajaran bagi masyarakat.

“Petugas medis di rumah sakit saja bisa terjangkit virus corona, apalagi masyarakat biasa yang suka berkerumun dalam satu kegiatan. Makanya perlu membiasakan diri untuk menerapkan protokol kesehatan,” ujar dokter senior dari Rumah Sakit Mohammad Husin (RSMH) tersebut.

Meski protokol kesehatan itu belum tentu efektif untuk mencegah penularan covid-19, kata Zulkhair, namun dengan cara menjaga jarak, dengan menggunakan masker dan mencuci tangan, Insya Allah dapat menangkal penyebaran vicod-19.

Terkait dua petugas medis dan seorang satpam RSKGM yang diketahui terjangkit COVID-19 melalui rapid tes, Zulkhair Ali, menyatakan virus corona berkembang di ruang kerongkongan.

Apabila di rumah sakit gigi ada yang terjangkit COVID-19, katanya, hal itu bisa dimungkinkan karena virus itu memang masuk ke tubuh manusia melalui mulut ke kerongkonan.

“Makanya saya menyarankan agar warga Palembang dapat melaksanakan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan pemerintah,” ujar Zulkhair Ali.

Sementara itu pada Senin lalu (13/7/2020), Kepala RSKGM Sumsel drg Rini Bikarindrasari MKes, mengatakan tiga karyawannya sedang dikarantina untuk dilakukan pengobatan.

“Ketiga karyawan RSKGM itu diketahui terjangkit covid-19 setelah kita melakukan ravid tes ke semua karyawan kita,” ujar Rini melalui ponselnya.

Ravid tes itu dilakukan pihak RSKGM Sumsel pada Jumat lalu (3/7/2020) ke pada seluruh karyawan RSKGM Sumsel. “Hasil tes tersebut menyatakan bahwa dua petugas medis dan seorang satpam positif terjangkit covid-19,” kata Rini.

Dari uraian hasil rapid tes tersebut, katanya, tujuh orang dinyatakan reaktif. Kemudian dilanjutkan dengan swab tes pada Jumat lalu (9/7/2020). Hasilnya, seorang medis, seorang dokter gigi berisinal A dan satpan berinisial O dinyatakan positif COVID-19. “Ketiganya sedang dalam perawatan,” katanya. (*)

Laporan Abror Vandozer
Editor Anto Narasoma

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *