banner 970x250
banner 970x250

Warga Semendo Dinyatakan Positif Terpapar COVID-19

  • Bagikan
Ilustarasi COVID-19
Ilustarasi COVID-19
banner 468x60

WIDEAZONE.COM, SEMENDO — Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Muara Enim menyatakan AB (70) warga Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT) positif terpapar COVID-19.

Berdasarkan penelusuran pihak kecamatan, alamat KTP bersangkutan di desa Gunung Agung namun diketahui selama ini berdomisili di Kabupaten Lahat.

Menurut keterangan Camat SDT Khairul B SSos melalui Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Drs Riswan membenarkan terdapat warganya yang dinyatakan pasien positif terinfeksi virus corona oleh Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Muara Enim.

“Berdasarkan informasi yang diterima, warga SDT yang beralamatkan di desa Gunung Agung diketahui terinfeksi COVID-19 saat melakukan kontrol dan pemeriksaan penyakitnya di rumah sakit umum (RSU) Muara Enim,” ungkap Riswan saat dikonfirmasi via telepon seluler, Selasa (12/8/2020).

Sebelum pasien ini melakukan kontrol ke RSU, Riswan menjelaskan, anak cucunya telah menyarankan untuk kontrol ke dokter pratek saja, namun pasien menolak dan tak menggubrisnya dengan alasan bahwa ia sudah beberapa kali ke dokter praktek namun tak kunjung sembuh.

“Setelah berulang kali diberikan saran tapi tak pernah digubrisnya, karena pasien tetap ngotot inginmelakukan kontrol di RSU,” jelasnya.

Menurut Riswan, untuk rute perjalanan pasien, dari Lahat ke Muara Enim bukan dari Semende. Awalnya setelah 2 kali rapid tes sebelum kontrol hasilnya negatif tapi saat keluar hasil tes swab dinyatakan positif.

“Setelah mendapatkan informasi tersebut, Gugus Tugas COVID-19 Kecamatan SDT langsung berkoordinasi dengan Kades Gunung Agung,” ucapnya.

Berdasarkan keterangan Kades Gunung Agung, tidak banyak warga Desa Gunung Agung yang kontak dengan pasien saat membesuk, warga yang kontak hanyalah anak cucunya saja.

“Karena kesadarannya, tidak lagi pulang ke Semende. Mereka langsung lakukan isolasi mandiri di Muara Enim, hingga saat ini belum pulang.

Dari hasil tracking didasari laporan dari pihak keluarga, Ia pun menuturkan, yang pernah kontak dengan pasien hanyalah anak cucunya saja dan jumlahnya hanya 5 orang.

“Cucunya 2 orang anaknya 2 dan istrinya.  Kita juga sudah menyampaikan laporan ke Gugus Tugas, bahwa benar 1 pasien positif COVID beralamat sesuai KTP di Gunung Agung Semende tapi menetap di Lahat,” tuturnya.

Ketua Forum Kades Semende, Herliadi saat dimintai komentarnya berpendapat, jika memang ada warga SDT yang positif, sedikit banyak akan digali informasinya. “Untuk antisipasi pencegahan jika salah satu sudah terjangkit, pasti bahaya penyebarannya,” ujarnya kepada wideazone.com dan zoom post.

Laporan Alamsyah

Editor Abror Vandozer

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *