Sebaran Aplikasi Data TPS Pemilu 2024 Marak di WhatsApp, KPU Sumsel: Hati-hati ‘Phising’

Sebaran data pemilih Pemilihan Umum [Pemilu] 2024 dari oknum yang tak bertanggung jawab melalui pesan elektronik 'WhatsApp' dengan mengirimkan 'apk bertuliskan Data TPS Pemilu 2024'
Sebaran data pemilih Pemilihan Umum [Pemilu] 2024 dari oknum yang tak bertanggung jawab melalui pesan elektronik 'WhatsApp' dengan mengirimkan 'apk bertuliskan Data TPS Pemilu 2024'

WIDEAZONE.com, PALEMBANG | Sebaran data pemilih Pemilihan Umum [Pemilu] 2024 dari oknum yang tak bertanggung jawab melalui pesan elektronik ‘WhatsApp’ dengan mengirimkan ‘apk bertuliskan Data TPS Pemilu 2024’ kian marak. Hal itu dapat merugikan pengguna platform dan data pemilik ponsel.

“Saya mendapatkan kiriman data TPS Pemilu 2024 yang berbentuk apk pada pukul 23.46 WIB, Minggu 11 Februari 2024,” ungkap Mada Taufik salah satu wartawan di Palembang, Senin 12 Februari 2024.

banner 468x60

“Dikatakan Mada, ini bentuknya mirip dengan apk [aplikasi] undangan pernikahan. Jangan dibuka apk ataupun di-download. “Bahaya, bila diunduh atau dibuka akan menyebabkan data privasi di dalam handphone ditarik [digunakan] oleh oknum penyebar apk,” ujarnya.

Berkaitan dengan hal itu, Komisioner KPU Provinsi Sumsel Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Rudiyanto Pangaribuan SE menegaskan bahwa KPU tidak pernah mengeluarkan data sebaran seperti itu. “Masyarakat Sumsel untuk berhati-hati, KPU tidak mengeluarkan data yang berbentuk apk,” tegasnya.

Aplikasi yang disebarkan, menurut Rudi disinyalir berbentuk phising yang dapat menyerang seluruh aplikasi data, berakibat merugikan pengguna ponsel.

Sebagai penyelenggara Pemilu, Rudi mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap aplikasi tersebut. Untuk link resmi bagi pemilih yang memang terdaftar atau pun hendak mengetahui silakan mengeceknya di https://cekdptonline.kpu.go.id.

“Setelah memasukkan NIK maka akan muncul data pemilih dan lokasi/peta TPS,” jelasnya menyebutkan. [Abror Vandozer]