Rp6 Miliar Tanggulangi Dampak Asap Karhutla di Palembang

Penjabat [Pj] Walikota Palembang Ratu Dewa
Penjabat [Pj] Walikota Palembang Ratu Dewa

WIDEAZONE.com, PALEMBANG | Karhutla saat ini masih menjadi perhatian serius sehingga Pemerintah Kota [Pemkot] Palembang menganggarkan Rp6 miliar untuk penanggulangan kesehatan masyarakat yang terjangkit infeksi saluran pernapasan akut [ISPA].

“Meski asap bukan dari Palembang, tetapi anggaran Rp6 miliar menyangkut kesehatan warga Palembang khusunya ISPA yang telah mencapai di angka 14.960 ribu kasus di akhir September,” kata Pj Walikota Palembang Ratu Dewa, Selasa 10 Oktober 2023.

banner 468x60

Berdasarkan data dari BMKG, kata Dewa, Palembang akan diguyur hujan pada 4 atau 6 November 2023 mendatang. Untuk itulah, Pemkot Palembang menganggarkan dana Rp6 miliar agar tidak terjadi lonjakan kasus ISPA. “Maka dari sekarang kami terus mengantisipasi agar tidak terjadi lonjakan ISPA,” ungkapnya.

“Ditambah lagi prakiraan BMKG hujan akan turun di awal November 2023 mendatang,” ujar dia.

Selain itu, Dewa berharap agar kabupaten yang menjadi penyumbang asap [Karhutla] untuk segera menindaklanjuti beberapa program yang sudah ada sehingga dampak dari Karhutla tidak berimbas ke Palembang yang membuat masyarakat terjangkit ISPA.

“Kami berharap kabupaten penyumbang asap untuk segera ditindaklanjuti programnya dalam waktu dekat agar asap tidak berimbas ke Palembang,” tuturnya.  [AbV]