banner 120x600
banner 120x600
banner 2560x598

banner 2560x598

Redmi 10S, Keunggulan dan Kelemahan

  • Bagikan
Smartphone Redmi 10S-WI
Smartphone Redmi 10S-WI
banner 468x60

Smartphone Redmi Note 10S akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia dengan versi menengah. Handphone pintar ini dibandrol dengan harga Rp3,2 jutaan saja.

Harga yang cukup menarik, namun sebelum anda memiliki smartphone tersebut, disarankan untuk menelisik kelebihan dan kekurangan dari ponsel baru ini.

Dijual resmi di Indonesia, Redmi Note 10S mengusung tagline “Jawara 64MP AMOLED”. Jika dilihat dari jargonnya, apakah smartphone ini hanya punya kelebihan pada sektor layar dan kamera saja?

Informasi ini wajib Anda ketahui, apalagi kalau Anda berminat untuk membelinya ketika dijual perdana nanti.

Sekadar informasi, smartphone ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Ocean Blue, Onyx Gray, dan Pebble White. Perihal harga, Redmi Note 10S ini resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp2,8 jutaan untuk varian 64 GB, serta Rp3,2 jutaan untuk versi 8 GB/128 GB.

Untuk penjualan perdana, Xiaomi akan mengadakannya di Lazada, Akulaku, mi.com, dan Authorized Mi Stores pada 24 Mei mendatang pukul 10:00 WIB.

Berikut penjelasan kelebihan dan kekurangan Redmi Note 10S:

Kelebihan Redmi Note 10S

Walau dijual dengan harga yang bersahabat, ponsel Xiaomi ini mempunyai ragam keunggulan. Tak hanya layar dan kamera saja, ada beberapa keunggulan yang kami temukan di Redmi Note 10S. Berikut kelebihan Redmi Note 10S:

Ukuran dimensinya adalah 160,5 x 74,5 x 8,3 mm dengan bobot hanya 178,8 gram saja. Dengan ketebalan yang tipis dan bobot yang ringan, ponsel ini benar-benar mudah untuk digunakan sehari-hari.

Handphone terbaru ini adalah Ocean Blue yang menampilkan warna gradasi, seperti silver, biru muda, hingga biru tua yang indah.

Ketika mendapatkan paparan cahaya yang pas, handphone ini akan memperlihatkan efek pantulan cahaya yang bagus. Warna ini patut untuk diapresiasi, karena bodi belakang ponsel terbuat dari plastik alih-alih kaca.

Redmi Note 10S hadir dengan spesifikasi layar yang berkualitas. HP 2 jutaan dari Xiaomi ini menggunakan layar Super AMOLED yang membentang dengan ukuran 6,43 inci.

Resolusinya sudah Full HD+, mendukung refresh rate 60Hz, serta touch sampling rate 120Hz.

Layar Super AMOLED ponsel ini dilengkapi dengan sejumlah fitur agar membuat mata pengguna lebih nyaman menatap layar, seperti 360° Light Sensor untuk menyesuaikan intensitas cahaya layar dan sertifikasi low blue light dari SGS.

4. Sertifikasi IP53

Sama dengan beberapa ponsel menengah dari Xiaomi lainnya, keunggulan Redmi Note 10S yaitu sudah mengantongi sertifikasi IP53 tahan debu dan percikan air.

Ingat, tahan percikan air bukan berarti ponsel pintar ini bisa direndam atau diajak berenang. Pastinya tidak akan tahan.

5. Performa Mumpuni

Redmi Note 10S, terdapat di dalamnya prosesor MediaTek Helio G95 yang terbilang bertenaga di kelas menengah. Kebutuhan pengolahan grafisnya mengandalkan kinerja dari GPU Mali G76-MC4.

Prosesor MediaTek Helio G95 memang memiliki beberapa hal mirip dengan prosesor Snapdragon 678 pada Redmi Note 10, seperti struktur CPU yang serupa dengan inti yang sama.

Walau demikian, clock-speed prosesor ini lebih kencang 2.05 GHz dan memiliki kemampuan GPU yang lebih bertenaga di atas kertas.

Dipadukan dengan RAM LPDDR4X dengan kapasitas 6 GB/8 GB dan memori internal 64 GB dan 128 GB. Tersedia juga slot memori eksternal yang mampu menampung microSD hingga 512 GB.

6. MIUI 12.5 Berbasis Android 11

Kelebihan Redmi Note 10S lainnya adalah sistem operasi MIUI 12.5. Smartphone ini sudah menjalankan OS terbaru MIUI berbasis Android 11 secara pre-installed.

Dilaporkan oleh Telset dan GSM Arena, MIUI 12.5 sebenarnya adalah semacam pembaruan sementara. Beberapa fitur pelengkap diperkenalkan pada sistem operasi ini.

Misalnya, pengurangan penggunaan CPU dan konsumsi daya, prioritas untuk gerakan layar full-screen pada tingkat sistem, dan pastinya perbaikan bug keamanan.

Tak hanya itu saja, beberapa aplikasi sistem pun bisa dihapus oleh pengguna di OS ini. Misalnya aplikasi Notes, Screen Recorder, Voice Recorder, Weather, Compass, Scanner, Calculator, hingga Radio.

7. Baterai Jumbo

Keunggulan Redmi Note 10S berikutnya adalah baterai yang jumbo. Smartphone ini ditopang oleh baterai 5.000 mAh dengan kemampuan fast charging 33W. Meski harganya cuma Rp3,2 jutaan, Xiaomi tak lupa menghadirkan adaptor charger 33W dalam paket pembelian juga.

8. Fitur NFC

Khusus bagi market Indonesia, Redmi Note 10S sudah mendukung fitur NFC. Fitur ini sudah disematkan Xiaomi di beberapa ponsel kelas menengahnya.

NFC sendiri memang kerap diminta oleh para Mi Fans Indonesia. XIaomi pun mengabulkan permintaan para konsumen setianya dengan menghadirkan fitur canggih ini di jajaran ponsel kelas menengah.

Selain NFC, Khusus bagi gamer, smartphone ini telah dilengkapi Z-axis Linear Motor yang memberikan efek getaran haptic untuk pengalaman gaming yang lebih baik.

9. Speaker Stereo

Kapan lagi HP 3 jutaan punya speaker stereo? Ya, HP terbaru Xiaomi ini sudah memiliki speaker stereo dengan kualitas suara yang lebih baik.

Speaker utama berada di bagian bawah, sementara speaker sekunder terdapat pada bagian earpiece. Ditambah, Redmi Note 10S pun masih memiliki jack audio 3,5mm yang juga mendukung fitur HiRes Direct untuk meningkatkan kualitas audionya.

10. Kamera 64MP

“AMOLED 64MP”. Ponsel pintar ini memang memiliki kamera utama dengan kualitas yang bagus. Terdapat kamera utama dengan sensor 64MP yang dikombinasikan dengan kamera ultra wide 8MP, depth sensor 2MP, dan kamera makro 2MP.

Kebutuhan selfie dari penggunanya diakomodir melalui keberadaan kamera depan dengan sensor sebesar 13MP.

Ada beberapa fitur yang bisa dipakai pengguna, seperti Portrait Mode, Night Mode, Slow motion video, hingga Pro time-lapse.

Kekurangan Redmi Note 10S

Selain memiliki banyak kelebihan di atas, ada juga kelemahan Redmi Note 10S yang harus diketahui. Tidak ada yang sempurna di dunia ini, bahkan ponsel harga premium pun memiliki kekurangan minor.

Ada beberapa kekurangan yang kami temukan di Redmi Note 10S. Berikut daftar lengkapnya:

1. Bodi Plastik

Kekurangan Redmi Note 10S yang pertama sebenarnya minor. Sesuai harganya yang murah, ponsel ini punya bodi belakang dan frame yang terbuat dari plastik.

Tidak ada yang salah dengan hal itu. Ada dampak positif yang bisa dirasakan langsung oleh pengguna dari penggunaan bodi plastik, yakni ponsel yang nyaman digenggam.

2. Layar Masih 60Hz & Gorilla Glass 3

Layar Redmi Note 10S ini masih 60Hz, cukup disayangkan memang. Padahal, ada beberapa ponsel dengan rentang harga yang sama sudah mengusung layar 90Hz meski jenis panelnya IPS LCD.

Jika saja layarnya 90Hz, perpaduan layar Super AMOLED dengan kemampuan refresh rate yang tinggi tentu saja merupakan kelebihan yang sulit untuk dilawan di kelas harga 2 jutaan.

Cukup aneh memang, ketika smartphone terbaru Xiaomi ini masih menggunakan lapisan kaca Gorilla Glass 3 alih-alih Gorilla Glass 5 seperti versi Pro.

3. MIUI 12.5 Punya Banyak Bloatware

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 10S terakhir adalah masalah bloatware. Dilaporkan oleh GSMArena, MIUI 12.5 memiliki banyak bloatware atau aplikasi bawaan dari Google, Xiaomi, hingga aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi ini tidak bisa dihapus, terkhusus untuk aplikasi buatan Google.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan HP Redmi Note 10S, apakah Anda tergiur untuk memilikinya? [Telset]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *