Gunung Api Dempo Kembali Erupsi ‘Status WASPADA’ Berikut Imbauan BPBD Pagaralam

Kepala BPBD Kota Pagaralam Jon Hasman SIP bersama Pengamat GAD [tangkapan visual]
Kepala BPBD Kota Pagaralam Jon Hasman SIP bersama Pengamat GAD [tangkapan visual]

WIDEAZONE.com, PALEMBANG | Peristiwa erupsi Gunung Api Dempo [GAD] kembali terjadi pada Senin 21 Agustus 2023 sekira pukul 09.05 WIB. 

“Dimana material letusan masih tersebar di area kawah merapi Dempo,” ungkap Kepala BPBD Kota Pagaralam, Jon Hasman SIP MM bersama Pengamat GAD dalam keterangan visualnya yang diterima redaksi pada Selasa 22 Agustus 2023.

banner 468x60

Jon mengatakan bahwa untuk diketahui sejak tanggal 7 Januari 2022 lalu hingga saat ini [letusan erupsi 21/8], GAD masih tetap berada di level 2 dengan status waspada. 

Untuk rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi [PVMBG], Jon Hasman mengimbau agar masyarakat Pagaralam, pengunjung wisatawan tidak mendekati atau bermalam [camping] di pusat aktivitas GAD dalam radius 1 kilometer. “Serta arah bukaan kawah sejauh 2 kilometer ke sektor utara,” imbaunya. 

Selain itu, Dia menyebutkan rekomendasi selanjutnya, mengharapkan seluruh warga Kota Pagaralam untuk tetap tenang, tidak terpancing dengan isu-isu hoax, atau berita tentang aktivitas GAD di luar informasi yang resmi dari PVMBG atau oun Pemkot Pagaralam. 

“Masyarakat agar tetap tenang, dan senantiasa mengikuti arahan BPBD dan Pemkot Pagaralam,” jelasnya. [Abror Vandozer]