banner 120x600
banner 120x600
banner 2560x598

banner 2560x598

NASA Jalankan Misi DART, Gunakan Roket SapceXFalcon 9

  • Bagikan
Ilustrasi NASA SpaceX
Ilustrasi NASA SpaceX
banner 468x60

BADAN Antariksa Amerika Serikat [NASA] akan melakukan Misi double asteroid redirection test [DART].

Misi tersebut mempersiapkan unit pesawat luar angkasa untuk dibenturkan dengan Asteroid.

Pada 23 November 2021 pukul 22:23 waktu AS setempat, pesawat itu akan lepas landas dari bumi menggunakan roket SpaceXFalcon 9 dari Vandenberg Sapce Force Base di California.

Dengan schedule pada November, pesawat luar angkasa akan menabrak Asteroid di September 2022 guna melihat bagaimana pengaruhnya terhadap pergerakan Asteroid dekat bumi.

Target dari teknologi defleksi Asteroid ini adalah Dimorphos, bulan kecil yang mengorbit di dekat Bumi asteroid Didymos.

Ini akan menjadi demonstrasi skala penuh pertama dari jenis teknologi ini untuk mempertahankan Bumi dari ancaman benda luar angkasa.

Pada September 2022, seperti dilaporkan CNBC Indonesia Didymos dan Dimorphos akan relatif dekat dengan Bumi dan dalam jarak 6.835.083 mil [11 juta kilometer] dari planet kita. Ini waktu yang tepat untuk misi DART terjadi.

Menurut NASA, DART akan sengaja menabrak Dimorphos untuk mengubah gerakan asteroid di luar angkasa. Tabrakan ini akan direkam oleh LICIACube, CubeSat pendamping atau satelit kubus yang disediakan oleh Badan Antariksa Italia.

Sumber CNBC Indonesia

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *