Gawat! Kala Rekap Suara Oknum Caleg DPRD Sumsel Nyelonong

Kala Rekap Suara tengah berlangsung, oknum Caleg DPRD Sumsel Nyelonong masuk.
Kala Rekap Suara tengah berlangsung, oknum Caleg DPRD Sumsel Nyelonong masuk.

WIDEAZONE.com, PALEMBANG | Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sukarami kaget setengah mati.

Pasalnya, sedang asyik-asyiknya mereka merekap hasil Pemilu 2024, secara tiba-tiba GR –anggota DPRD Kota Palembang masuk ke ruangan kerja petugas PPK Sukarami tersebut, pada Senin, 19 Februari 2024.

banner 468x60

Akibat kehadiran GR yang juga oknum caleg DPRD Sumsel dari dapil Palembang 2 itu, suasana kerja petugas PPK itu meresahkan mereka.

Dari keterangan yang diperoleh media ini, GR memasuki ruangan itu, berusaha keras untuk ikut memantau proses rekapitulasi perolehan suara yang sedang dikerjakan panitia.

“Kejadian ini menimbulkan pertanyaan terkait etika dan transparansi, terutama keterlibatan oknum politikus dalam tahapan menjelang pemilu,” ujar seorang petugas yang tak bersedia disebut namanya.

Sementara itu, selaku penggiat demokrasi, Yogi Mamans, sangat menyayangkan hal itu terjadi.

“Kami sangat menyayangkan kehadiran GR dalam penghitungan rekapitulasi perolehan suara itu sedang berlangsung,” tukas Yogi Mamans dengan wajah terlihat kecewa.

Menurut dia, saat penghitungan suara berlangsung, harusnya GR tidak diperkenan masuk. Sebab, kata Yogi, rekapitulasi perolehan suara di Kecamatan Sukarami sedang berlangsung. “Apalagi status GR merupakan anggota DPRD Kota Palembang,” imbuhnya.

Sebagai Penggiat Demokrasi, kata Yogi, pihaknya mempertanyakan tindakan GR yang begitu berani nyelonong ke wilayah PPK Sukarami yang sedang konsentrasi melakukan penghitungan suara Pemilu 2024.

Tindakan itu, kata Yogi, akan merusak suasana demokrasi di Indonesia. “Maka itu kami meminta agar Bawaslu Sumsel segera memanggil oknum caleg tersebut. GR harus diberi tindakan sesuai prosedur yang berlaku,” tegas Yogi Mamans menutup perbincangan. (*)

Laporan Anto Narasoma