banner 2560x598

banner 2560x598

CSIRT Hadir, Antisipasi Serangan Siber di Palembang

  • Bagikan
CSIRT Hadir di Kota Palembang, maksmal sitem layanan
CSIRT Hadir di Kota Palembang, maksmal sitem layanan
banner 468x60

WIDEAZONE.com, PALEMBANG | Computer Security Incident Response Team [CSIRT] kali ini menyasar Pulau Sumatera dengan tujuannya pertama Kota Palembang setelah peluncurannya di lima kota di Pulau Jawa.

“CSIRT hadir di kota Palembang guna mengantisipasi penyerangan siber, khususnya data serta gangguan sistem pelayanan yang menyebabkan tidak maksimalnya layanan masyarakat,” ungkap Walikota Palembang, H Harnojoyo di rumah dinas Walikota, Jalan Tasik, Kamis [21/10].

Dikatakan Harnojoyo, mudah mudahan dengan adanya teknologi keamanan ini, sistem keamanan kita dapat lebih maksimal. “Kita dapat mengantisipasi ada pihak pihak yang tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Palembang, H Edison menilai keberadaan CSIRT sangat penting guna meningkatkan sistem keamanan di jaman teknologi digital yang saat ini semakin berkembang.

“Setelah dilaunching ini, kita bisa meningkatkan lagi keamanan siber di kota Palembang. Karena kita ketahui, ancaman-ancaman siber ini sudah luar biasa,” jelasnya.

Meski telah diorbitkan namun Edison masih sangat mengharapkan dukungan dari lapisan masyarakat guna menjaga keamanan Palembang dari berbagai serangan siber.

“Dengan terbentuknya tim ini, bukan hanya di Pemerintahan saja, namun tentunya perlu dukungan dari lapisan masyarakat, khusus di bidang keamanan siber ini,” ucapnya.

Dengan jumlah serangan siber yang saat ini, sambung Edison masih terbilang cukup tinggi di kota Palembang, keberadaan CSIRT sangat membantu jajaran Pemerintah kota Palembang dalam mengatasi masalah siber yang mengganggu sistem keamanan, sehingga menghambat pelayanan secara maksimal.

“Seperti di OPD, baik dari ganguan sistim pelayanan aplikasinya ataupun bank datanya. Tetapi kalau untuk hukuman pidanya, itu kita serahkan kepada yang lebih berwenang,” tungkasnya.

Diketahui, CSIRT telah ditetapkan melalui Keputusan Walikota Palembang nomor 408/KPTS/DISKOMINFO/2019 pada 26 Desember 2019, dan telah terdaftar sebagai salah satu CSIRT Organisasi pada sektor Pemerintah di BSSN sejak 21 Oktober 2021.

CSIRT memiliki kewenangan untuk melakukan penanggulangan insiden, mitigasi insiden, investigasi dan analisis dampak insiden, serta pemulihan pasca insiden keamanan siber pada lingkungan OPD Palembang, dan melakukan penanggulangan dan pemulihan atas permintaan dari konstituennya. [wr]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *