banner 2560x598

banner 2560x598

15 Tahun Ngorbit, ‘Satelit LAPAN-A1’ Generasi Pertama

  • Bagikan
Spesifikasi Satelit LAPAN-A1, Source: Lapan
Spesifikasi Satelit LAPAN-A1, Source: Lapan
banner 468x60

WIDEAZONE.com | Satelit LAPAN-A1 telah mengorbit selama 15 tahun, sejak diluncurkan pada 10 Januari 2007 silam dan mengitari Bumi sebanyak 81108 kali.

Satelit tersebut diluncurkan menggunakan Roket PSLV C-07 di Sriharikota, India, juga sebagai salah satu satelit LEO tertua di dunia seperti dikutip dari akun twitter @lapansat, Rabu [12/1/2022].

“Umur LAPAN-A1 diprediksi hanya berkisar 2-3 tahun. Namun kita patut bersyukur karena hingga menginjak usia 15 tahun satelit generasi pertama ini masih mengorbit dan mampu menerima sinyal dari Stasiun Bumi, walaupun beberapa muatan sudah tidak bekerja secara optimal,” tulis akun twitter@lapansat.

Demi mewujudkan kemandirian di bidang teknologi satelit, Pusat Teknologi Satelit LAPAN bertekad untuk terus mengembangkan satelit-satelit lainnya.

Berdasarkan keterangan di situs Lapan, Satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBSAT adalah satelit generasi pertama buatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional [LAPAN].

Empat orang engineer LAPAN dikirim ke Jerman untuk belajar dan merancang bangunan satelit bekerjasama dengan TU Berlin di Jerman. Tujuan utama dari satelit ini adalah untuk pemantauan Bumi. [abrV/wi]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *