PTBI 2023: Ekonomi Sumsel Tahun 2023 Dinamis, Mampu Bangkit Lebih Kuat

Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Rabu (29/11/2023) malam di Arista Hotel Palembang
Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Rabu (29/11/2023) malam di Arista Hotel Palembang

Sementara itu untuk perkembangan inflasi, dengan upaya dan komitmen bersama untuk memperkuat sinergi dalam mengendalikan inflasi daerah terutama inflasi komoditas pangan bergejolak (volatile food), inflasi diperkirakan dapat kembali pada kisaran sasaran 3±1% (yoy) di 2023 dan 2,5±1% (yoy) di 2024.

Di tingkat nasional, kinerja dan prospek perekonomian tetap terjaga di tengah semakin tingginya ketidakpastian dinamika global. Sepanjang tahun 2023, stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan Indonesia tetap terjaga dan pemulihan ekonomi terus berlanjut. Inflasi juga lebih cepat kembali ke kisaran sasarannya setelah sempat berada pada level yang tinggi pada awal tahun dan akan tetap terkendali rendah hingga akhir 2023.

banner 468x60

Pertumbuhan ekonomi juga tetap baik ditopang kuatnya permintaan domestik. Perkembangan positif perekonomian domestik tersebut tidak terlepas dari eratnya sinergi respons kebijakan ekonomi nasional yang konsisten dan terukur dalam menjaga stabilitas dan pertumbuhan.

Ke depan, prospek perbaikan ekonomi nasional masih akan dihadapkan pada tantangan global yang berat. Fragmentasi geopolitik yang terus berlanjut dan bahkan meluas pada paruh kedua 2023, ketidakpastian pasar keuangan akibat pengaruh respons kebijakan bank sentral negara maju seiring masih tingginya inflasi yang dihadapi, ancaman perubahan iklim, dan berbagai tantangan lain yang mengemuka perlu tetap diwaspadai dampaknya pada perekonomian nasional.