Konfederasi Rakyat Pekerja Indonesia: BPJS Harus Bekerja Independen

Sekjen Konfederasi Rakyat Pekerja Indonesia (KRPI) Saepul Tavip
Sekjen Konfederasi Rakyat Pekerja Indonesia (KRPI) Saepul Tavip

WIDEAZONE.COM, JAKARTA | Konfederasi Rakyat Pekerja Indonesia (KRPI) mengeluarkan sikap terhadap RUU tentang Kesehatan. Pihaknya mendukung ketentuan UU BPJS yang memosisikan Direksi dan Dewan Pengawas di bawah Presiden bukan di bawah kementerian.

“Kami, KRPI, sangat memahami dan mendukung penuh ketentuan UU BPJS yang memposisikan Direksi dan Dewan Pengawas BPJS bekerja secara independen dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden, untuk memastikan pengelolaan jaminan sosial benar-benar untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata ​Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP KRPI Saepul Tavip dalam pernyataan tertulis, Rabu (15/2/2023).

banner 468x60

Menurutnya, saat pembahasan UU BPJS, seluruh fraksi dan anggota Pansus bersepakat menempatkan BPJS sebagai badan hukum publik independen. Selain itu, BPJS bertanggungjawab langsung kepada Presiden.

Saepul mengatakan masyarakat pekerja tidak setuju bila pengelolaan jaminan sosial dikendalikan menteri. Dana amanat yang dikumpulkan dari iuran peserta harus diabdikan untuk melayani rakyat Indonesia, bukan kepentingan pihak lain.