Ditresnarkoba Polda Sumsel Musnahkan Ribuan Gram Shabu

Ditresnarkoba Polda Sumsel Musnahkan  Ribuan Gram Shabu
Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Ditresnarkoba Polda Sumsel) melakukan pemusnahan barang bukti ribuan gram Narkotika jenis Shabu dan ratusan Pil Ekstasi, Jumat (4/12/2020).

WIDEAZONE.COM, PALEMBANG — Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Ditresnarkoba Polda Sumsel) melakukan pemusnahan barang bukti ribuan gram Narkotika jenis Shabu dan ratusan Pil Ekstasi, Jumat (4/12/2020).

Wadir Resnarkoba Polda Sumsel AKBP Djoko Lestari SIK MM didampingi Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Sumsel AKBP Iraliansah SH melaksanakan pemusnahan Barang Bukti Narkotika jenis shabu dan pil ekstasi di ruang Ditresnarkoba Polda Sumsel.

Dari hasil ungkap kasus tersebut, jajaran berhasil mengamankan 13 tersangka dari 10 LP yang diungkap sepanjang Oktober hingga November 2020, dari hasil penangkapan tersangka D I, G, bin H , AF bin Y Sah, MK bin Man, lM Ar Su dan Do bin Ir K M dan kawan kawan.

Narkotika tersebut terdiri dari golongan 1 jenis shabu dan ekstasi dimana jajaran Ditresnarkoba Polda Sumsel berhasil menyelamatkan 20.336 jiwa anak bangsa.

Terlaksananya pemusnahan itu dari 10 Laporan Polisi dengan total dari 13 orang tersangka. Perincian barang bukti yang disita yakni sebanyak, Shabu seberat 3.090,93 dan 895 pil Ekstasi, digunakan untuk kepentingan Laboratorium shabu sebanyak 16.62 gram dan ekstasi sebanyak 7 butir.

Guna kepentingan pengadilan shabu sebanyak 74 gram dan ekstasi sebanyak 35 butir, maka barang bukti yang dimusnahkan menjadi sebanyak 2.999.37 gram Shabu serta Ekstasi sebanyak 853 butir. “Jadi subtansi bagi jiwa bangsa terselamatkan sekitar 20.336 orang akibat penyalahgunaan narkoba,” ungkap AKBP Djoko Lestari saat pemusnahan, Jumat (4/12/2020).

Ia pun menjelaskan bahwa dari hasil penyelidikan dan pengembangan jajaran berhasil diamankannya sebanyak 13 tersangka dari 10 laporan Polisi dan diketahui dari hasil pengembangan yang dilakukan jajaran di berbagai tempat dan wilayah. “Salah satunya yakni wilayah Prabumulih, Lahat, Banyuasin dan beberapa wilayah basis target penggerebekan yang dilakukan anggota Ditresnarkoba Polda Sumsel,” jelas Wadir Resnarkoba.

“Maka pada hari ini acara pemusnahan barang bukti rampung kita lakukan. Untuk para pelaku kita ancam dengan hukuman sesingkatnya 6 tahun penjara dan ancaman maksimalnya hukuman seumur hidup bagi para pengedar,” tutupnya. (Abror Vandozer/Rel)