Muswil DKI Sumsel, Giri: Koperasi Unsur Penting Ekonomi

Muswil DKI Sumsel, Giri: Koperasi Unsur Penting Ekonomi
Musyawarah Wilayah Dewan Koperasi Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (Muswil DKI Sumsel) diselenggarakan di Aula Asrama Haji, Sabtu (28/11/2020).

WIDEAZONE.COM, PALEMBANG — Musyawarah Wilayah Dewan Koperasi Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (Muswil DKI Sumsel) diselenggarakan di Aula Asrama Haji, Sabtu (28/11/2020).

Hadir dalam acara tersebut Ketua Harian Dewan Koperasi Indonesia Aji Gutomo.

Aji Gutomo mengatakan, di masa pandemi covid 19 ini Pemerintah sudah banyak berbuat dengan memberikan bantuan bantuan untuk pemulihan ekonomi nasional. Koperasi primer dan sekunder dapat memanfaatkan program pemulihan ekonomi nasional.

“Dengan adanya Muswil ini diharapkan dapat menetapkan pimpinan yang mumpuni, dan struktur kepengurusan dalam pemulihan ekonomi di Sumsel,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, pemulihan ekonomi nasional tingkat pusat yakni di Lembaga dana bergulir.

“Bantuan dana dari pusat itu ada untuk koperasi dan pelaku UMKM. Diharapkan dana bantuan itu bisa dimanfaatkan dengan baik,” katanya.

“Tugas pimpinan Koperasi Sumsel bisa memfasilitasi bantuan dari pemerintah. Karena pandemi ini belum selesai, Pemerintah akan berupaya mengembalikan pertumbuhan ekonomi sampai 6 persen,” tambah Aji.

Sementara itu, Ketua Dekopin Sumsel periode 2020-2025 HM Giri Ramanda Kiemas mengatakan, pihaknya berharap Koperasi jadi salah satu unsur penting perekonomian di Sumsel. “Kita berharap Koperasi di Sumsel bisa berkembang lebih baik, lebih maju, dan bisa memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat dan anggotanya,” ucapnya.

Giri berharap tumbuhnya Koperasi baru dengan anggota yang cukup besar dengan pengelolaan lebih baik. Karena permasalahan Koperasi itu adalah pengelolaannya yang kurang baik. Sehingga ada ketidakpercayaan masyarakat.

“Kita edukasi pengurus Koperasi agar lebih baik. Karena Koperasi adalah bagian yang penting untuk pertumbuhan perekonomian di Sumsel,” tambah Giri.

Lebih lanjut Giri menambahkan, di masa sulit seperti apapun, UMKM yang bisa bertahan. Bagaimana memberikan insentif UMKM agar bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Ada bantuan dari Pusat agar Koperasi tetap bertahan. Kedepan, insentif yang diberikan Pemerintah akan dikelolah dengan baik oleh pengurus agar Koperasi tetap bisa bertahan,” tutupnya.

Laporan Akip