Pengurus DKP Harus Kreatif dan Miliki Strategi Kembangkan Seni Budaya

Pengurus DKP Harus Kreatif dan Miliki Strategi Kembangkan Seni Budaya
WALIKOTA Palembang H Harnojoyo percaya, pengurus Dewan Kesenian Palembang (DKP) periode 2019-2024 dapat melaksanakan tugas sesuai visi misi organisasi, mengembangkan seni budaya di Kota Palembang.

WIDEAZONE.COM, PALEMBANG — Tanggung jawab pengurus Dewan Kesenian Palembang (DKP) periode 2019-2024 cukup berat. Sebab tak hanya mengurus DKP, tapi harus mampu membangun nilai-nilai seni dan budaya di Kota Palembang yang sangat beragam.

“Saya yakin pengurus DKP ini mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Apalagi dipimpin adik kita Iqbal Rudianto yang akrab disapa Didit,” ujar Walikota Palembang H Hernojoyo didampungi Wakil Walikota Fitrianti Agustinda, dalam kata sambutannya, saat mengukuhkan pengurus Dewan Kesenian Palembang periode 2019-2024, Jumat (20/12/2019).

Membangun kesenian dan budaya, kata Harnojoyo, tak mesti dengan sarana hebat. Sebab ketika menghadapi kesulitan, jika memiliki cara yang strategis akan mendatangkan kebahagiaan.

“Dari kesulitanlah kadang-kadang akan mendatangkan keberhasilan, yakni mampu merumuskan sesuatu yang baik,” katanya.

Karena itu, disaat menghadapi keragaman seni budaya yang ada, kata Harno, pengurus DKP harus diapresiasi dengan visi misi organisasi.

Wali Kota berharap agar lima tahun ke depan DKP dapat menjadi mitra pemerintah yang baik untuk mewujudkan Kota Palembang yang Elok. “Namun kunci kesuksesan untuk meraih keberhasilan adalah, disiplin dengan waktu,” ucapnya.

Mengapa Singapura lebih maju dalam segala hal, kata Harno, karena waktu bekerja di instansi pemerintahnya lebih dahulu dibanding Palembang. “Selain menghargai waktu, kita juga harus bekerja ikhlas untuk meraih kemajuan,” tukas Wali Kota.

Photo Anto Narasoma
Photo Anto Narasoma

Sementara itu, Ketua DKP Iqbal Rudianto ST, mengatakan pengurus yang dipilih 80 persen lebih adalah generasi milenial.

Namun pihaknya tidak hanya mencomot kaum muda saja untuk mengurus DKP. “Kami ssngat selektif untuk memilih anak-anak generasi milenial,” kata Iqbal yang akrab disapa Didit.

Mereka yang terpilih sebagai pengurus, kata Didit, memiliki prestasi yang baik di bidang seni yang digeluti mereka. Bahkan mereka yang ada sudah memperoleh penghargaan sebagai seniman.

Didit juga menyampaikan hasratnya agar DKP menjadi organisasi kesenian yang kuat dan tidak ketergantungan. Bila perlu, katanya, dalam hal pendanaan DKP relatif tak tergantung dengan bantuan pemerintah.

Selain Walikota dan Wakil Walikota Palembang, hadir dalam kesempatan itu wakil dari Polresta Palembang, Pangkalan Angkatan Laut dan Angkatan Udara, toloh seniman budayawan dan praktisi seni di Kota Palembang. (*)

Laporan Abror Vandozer
Editor Anto Narasoma