SOAL TEKNOLOGI, GURU HARUS MAMPU IMBANGI KEMAMPUAN SISWA

SOAL TEKNOLOGI, GURU HARUS MAMPU IMBANGI KEMAMPUAN SISWA

WIDEAZONE.COM, PALEMBANG — Kemampuan seorang guru harus fleksibel dan berada selevel di atas siswanya.

Sebab di era teknologi canggih seperti saat ini, guru harus mampu beradaptasi dengan perkembangan saat ini.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Palembang, Drs H Zulfikri MT, selalu memberi contoh bagi guru lain agar lebih profesional ketika berada di depan siswanya.

“Siswa SMKN 5 Palembang saat ini sangat maju dan lebih cerdas. Karena itu sebagai guru kita harus mampu mengimbangi kemampuan mereka,” ujar Zulfikri di ruang kerjanya, Kamis (13/6/2019).

Menurut dia, siswa-siswanya mempunyai inisiatif yang mengejutkan pendidiknya. Dalam penguasaan teknologi digital, mereka sudah sangat mahir mengoperasikan komputer dengan sangat baik.

“Bahkan ketika diajak mengoperasikan handphone android, kemampuan siswa kami begitu mencengangkan kita. Ini yang perlu diimbangi agar guru tak tertinggal oleh mereka,” ujar Zulfikri, tersenyum.

Terkait materi pelajaran sekolah, misalnya pelajaran bahasa, matematika atau pelajaran lain, guru memang menguasai itu.

Tapi ketika beralih ke pelajaran yang berkaitan dengan teknologi, guru harus memiliki kemampuan lebih.

“Makanya saya sering menyarankan agar semua guru harus terus belajar untuk mengimbangi kemampuan siswa,” katanya.

Terutama ketika ada pelajaran kesenian dan kerohanian, karakter guru harus mampu berekpresi di hadapan mereka. Dengan demikian, para siswa akan yakin dengan apa yang diajarkan gurunya.

Pendidikan karakter memang penting. Sebab manfaatnya akan sangat baik ketika mereka berhadapan dengan dunia kerja.

Karena itu guru harus menyadari itu. Apabila siswa suka bernyanyi, guru harus mampu memperlihatkan kemampuannya dj hadapan anak didik.

“Dengan demikian semangat anak-anak akan semakin tinggi untuk terus belajar meraih prestasi masa depan mereka,” kata Zulfkri menutup perbincangan. (anto narasoma)