Disbud Pagaralam Kembangkan Seni Masyarakat

Disbud Pagaralam Kembangkan Seni Masyarakat
Photo : Evan Fajrullah

WIDEAZONE.COM, PAGARALAM — Kekuatan tradisi dan budaya masyarakat, dapat dilihat dari upaya pengembangan seni budaya masyarakatnya sendiri.

Karena kekuatannya estetika dan nilai budi daya yang dilakukan masyarakatnya, mencerminkan keutuhan dari nilai-nilai budaya klasik tradisi setempat.

Terkait masalah ini, Plt Kepala Dinas Kebudayan Pagaralam, Novi Endri MSi, mengatakan akan melakukan upaya pengembangan seni budaya melalui even lomba  dan apresiasi ke generasi muda Pagaralam.

“Lewat pengembangan seni dan budaya inilah kita berusaha membangkitkan minat dan kemampuan generasi muda untuk mengembangkan, melestarikan tradisi budaya Pagaralam.

Photo : Evan Fajrullah
Photo : Evan Fajrullah

Untuk itulah hari ini kami menggelar lomba tari tradisional Gending Sriwijaya, menyanyi lagu daerah Pagaralam dan lomba seni baca puisi bagi para remaja daerah ini. ” ungkap Novi melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Ali Akbar Fitriansyah SE MSi, di gedung Balai Kota Pagaralam, Sabtu (23/3/2019).

Pagaralam, katanya, kaya dengan tradisi klasik masa lalu. Dari  kekayaan tari, sastra tutur, seni rupa berupa patung megalitik yang banyak terlihat dan tersebar  di beberapa tempat, misalnya di kawasan persawahan.

Ini membuktikan bahwa nenek moyang masyarakat Pagaralam sangat mencintai tradisinya.

“Banyaknya kawasan wisata alam yang ada, kami mencoba mengembangkan nilai-nilai tradisi untuk mengenalkan keindahan alam dan tradisi masyarakat,” kata Ali.

Sebagai figur yang mewakili institusinya, Ali Akbar bangga mendapat sambutan hangat dari para pelajar, seniman dan budayawan setempat atas lomba seni di gedung Balai Kota Pagaralam tersebut.

Sebab dari material seni berupa tari,  menyanyi lagu daerah serta corak lainnya dapat ditafsirkan bahwa kecintaan masyarakat terhadap budayanya sangat tinggi.

“Makanya kita akan terus menggalakkan seni budaya masyarakat untuk menunjang dunia wisata Kota Pagaralam,” ujar Ali.

Photo : Evan Fajrullah
Photo : Evan Fajrullah

Terkait masalah itu, penyair Pagaralam Madilani, mengatakan bangkitnya semangat generasi muda daerahnya  untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian,  karena kota myang dikelilingi alam tersebut merupakan kawasan wisata yang indah dan mendapat julukan sebagai “Kota Bunga”.

“Karena  itulah kita membutuhkan ruang untuk mengembangkan kemampuan anak-anak muda di bidang seni budaya,” tukas Madilani saat sedang mengapresiasi acara lomba tersebut.

Menurut dia, kemampuan para pelajar mengapresiasi kesenian, terutama tari, lagu  dan sastra, terutama puisi sudah cukup baik.

Meski mereka masih hanya sebatas hobi, namun pemahaman mereka terhadap estetikanya cukup membanggakan. Karena itu, untuk jangka panjang, anak-anak muda yang sudah memulai terjun ke dunia seni akan bisa menjadi seniman  kuat.

Untuk itulah Madilani dan seniman Pagaralam akan bahu-membahu untuk memberikan apresiasi terhadap para pencinta seni di daerahnya. (abror vandozer/anto narasoma}